Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemnaker Bakal Kembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok, Sumatera Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 21 Agustus 2021, 14:38 WIB
Kemnaker Bakal Kembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok, Sumatera Barat
Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi bersama jajaran Kemnaker saat meninjau lahan untuk pengembangan kejuruan jurusan barista di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat, Jumat, 20 Agustus/Repro
rmol news logo Pengembangan kejuruan pariwisata di daerah yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Padang menyasar warga di Provinsi Sumatera Barat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bidang kejuruan pariwisata yang dikembangkan di Padang adalah dengan membuat jurusan barista. Di mana tepatnya dilakukan di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Hal itu diketahui seusai Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi, meninjau secara langsung lahan untuk pengembangan kejuruan tersebut di Solok, Jumat (20/8).

"Alhamdulillah hari ini saya dapat meninjau langsung lokasi yang nanti akan kita kembangkan workshop untuk balai latihan kerja di Solok," ujar Anwar dikutip melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (21/8).

Ia menyatakan, pengembangan kejuruan ini sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo yang tengah fokus membangun Sumber Daya Manusia setelah sebelumnya fokus pada pembangunan infrastruktur.

"Kami di Kementerian Ketenagakerjaan memiliki komitmen membangun SDM melalui BLK," ucapnya.

Ia meyakini, Solok memiliki potensi yang sangat besar. Namun, sambungnya, potensi tersebut harus didukung dan dikelola oleh SDM yang unggul dan profesional.

"Oleh karena itu, kami hadir bersama-sama pemerintah Solok untuk mengembangkan SDM, utamanya SDM yang ada di Solok, dan umumnya di Sumatera Barat," ucapnya.

Di tempat terpisah, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan sangat mendukung terkait rencana pengembangan kejuruan pariwisata tersebut.

Menurut Ida, pengembangan kejuruan tersebut nantinya akan memberikan dampak nyata bagi perekonomian masyarakat.

"Nantinya keberadaan kejuruan ini akan meningkatkan perekonomian, memperluas kesempatan kerja, dan mengurangi angka pengangguran di sekitar wilayah Sumatera Barat," ucap Menaker Ida. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA