Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kalau Serius Ingin Selamatkan Rakyat Dari Covid-19, Jokowi Jangan Bermental Biang Kerok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 22 Juli 2021, 12:08 WIB
Kalau Serius Ingin Selamatkan Rakyat Dari Covid-19, Jokowi Jangan Bermental Biang Kerok
Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (INFUS), Gde Siriana Yusuf/Ist
rmol news logo Penanganan pandemi Covid-19 yang telah melanda Indonesia lebih dari setahun terakhir ini sebenarnya bisa diatasi jika pemerintah punya keinginan kuat dan serius sejak awal.

"Saya melihat kegagalan tangani pandemi Covid-19 meski sudah setahun lebih akibat suburnya mental biang kerok," ujar Gde Siriana Yusuf kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (22/7).

Yang dimaksud Gde Siriana dengan mental biang kerok di antaranya meremehkan ancaman virus corona. Hal ini sudah terlihat jelas di awal kedatangan virus corona ke Indonesia pada awal 2020.

Mental biang kerok lainnya adalah mengecer penyaluran bantuan sosial yang dibutuhkan rakyat selama PSBB dan PPKM. Juga tidak konsisten memprioritaskan kesehatan rakyat lebih dulu.

"Pun tidak melaksanakan tahapan-tahapan yang menjadi keharusan menurut ilmu kesehatan masyarakat. Misalnya meningkatkan testing dan tracing di saat kasus positif dan tingkat kematian Covid-19 masih tinggi," paparnya.

Masalah lain yang tak kalah serius, lanjut Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (INFUS) ini, mental biang kerok ini bisa ditiru oleh para pejabat lainnya. Baik di pusat maupun daerah.

"Bukannya niat serius bantu dan selamatkan rakyat, malah ambil kesempatan untuk cari untung dalam situasi krisis," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA