Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Seperti Tahun Lalu, Don Adam Siap Jadi Promotor Debat LBP Jika Lawannya Rizal Ramli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 02 Juli 2021, 23:14 WIB
Seperti Tahun Lalu, Don Adam Siap Jadi Promotor Debat LBP Jika Lawannya Rizal Ramli
Rizal Ramli dan Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Aktivis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM), Adamsyah Wahab alias Don Adam kembali bersedia menjadi promotor atau moderator debat terbuka yang ditantang oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

Hal itu disampaikan oleh Don Adam merespons tantangan LBP untuk bertemu dan adu data terhadap pengamat yang mengkritik pemulihan ekonomi pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Don Adam mengaku siap menjadi moderator jika Luhut melawan ekonom senior, Rizal Ramli (RR).

"Jadi kalau moderatorin orang lain aku gak mau, silakan aja yang lain. Tapi kalau untuk bang RR, bang RR memastikan moderatornya aku," ujar Don Adam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/7).

Menurut Don Adam, Rizal Ramli akan bersedia debat dengan Luhut. Akan tetapi, debat harus dilakukan secara terbuka dan disiarkan oleh media televisi.

"(RR pasti mau debat) mau, asal disiarkan oleh televisi, satu atau dua televisi. Kalau cuma debat-debat kusir di warung kopi aja mah ngapain, gak ada nilai edukasinya, gak ada nilai pengetahuan untuk publik bagaimana kondisi republik saat ini," jelas Don Adam.

Akan tetapi, Don Adam mengaku pesimis jika Luhut benar-benar mau berdebat dan adu data dengan Rizal Ramli.

Hal itu kata Don Adam, belajar dari pengalaman sebelumnya ketika Luhut menantang pihak-pihak yang mempersoalkan utang pemerintah.

"Aku tuh trauma jadi promotornya LBP, gak bersedia dia kalau lawannya RR. Aku kan moderator punya hak ekslusif dikontrak oleh Bang RR. Yang nolak waktu itu LBP, saya surati Pak LBP resmi sebagai moderator saya surati apakah bersedia, saya surati tempatnya disini, gak dijawab (oleh LBP)" pungkas Don Adam.

Seperti diketahui, Luhut juga sebelumnya sempat menantang pihak-pihak terkait utang pemerintah pada tahun lalu, tepatnya sekitar Juni 2020.

Rizal Ramli saat itu bersedia menerima tantangan Luhut setelah dikunjungi oleh Ketua Majelis Jaringan Aktivis ProDEM, Iwan Sumule yang meminta Rizal untuk mau menerima tantangan debat dari Luhut.

Dalam debat pada waktu itu, pihak Rizal Ramli telah menyiapkan waktu pelaksanaan debat. Yakni pada 24 Juni 2020.

"Waktu sudah saya tetapkan kepada pihak Bang Rizal Ramli di wakili oleh Bang Adhie Massardi tanggal 24 Juni ini, dua minggu dari sekarang saya sudah tetapkan," ucap penyelenggara debat, Don Adam saat konferensi pers di Jalan Tebet Barat Dalam IV No. 5-7, Jakarta Selatan, Rabu, 10 Juni 2020 lalu.

Akan tetapi berjalannya waktu, Luhut tidak merespon surat yang dikirim oleh Don Adam. Sehingga, Don Adam menyatakan Luhut di WO.rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA