Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Pemudik Baru Pulang Dari Kampung Digiring Petugas Untuk Lakukan Tes Swab

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah saat mengawal para pemudik balik dari kampung/RMOL

Sebanyak sebelas orang pemudik yang baru tiba dari kampung halamannya digiring oleh petugas untuk melakukan swab tes antigen di Pos Kampung Tangguh, Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, Selasa (19/5).

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, terdapat dua keluarga yang baru tiba di Jakarta dengan menggunakan mobil pribadi.

Mereka dipanggil oleh petugas dan langsung dibawa ke sebuah balai warga untuk melakukan swab tes antigen sebelum mereka memasuki ke kediaman mereka.

Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19 yang dikhawatirkan dibawah oleh para pemudik dari kampung halamannya ke Jakarta.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan bahwa kegiatan swab tes antigen bagi para pemudik yang baru tiba di Jakarta untuk mengantisipasi lonjakan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kita mengetahui kita baru saja melewati masa Libur lebaran, kita mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19, Karena banyaknya mobilitas masyarakat jadi berpotensi saling menyebarkan Covid-19 satu sama lain,” ucap Kapolres di lokasi.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar melakukan swab antigen setibanya di Jakarta. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Aziz mengatakan, jangan sampai Indonesia mengalami fatalitas seperti di India setibanya di Jakarta setelah melakukan seremoni di kampung halaman.

"Oleh karena itu, saya mengimbau warga agar melakukan swab antigen, dan bila warga yang merasa badannya tidak enak agar proaktif dan dengan kesadaran sendiri melaporkan ke RT/RW,” katanya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan AKBP Wadi Sabani menyampaikan kegiatan ini dilakukan secara gratis kepada seluruh warga Gandaria Selatan yang baru saja tiba dari kampung halaman mereka.

“Sesuai atensi pimpinan untuk melakukan swab antigen untuk memastikan mereka yang baru kembali dari kampung halaman dinyatakan aman, tidak terkonfirmasi ada Covid-19 dan dilakukan secara gratis sampai tanggal 24 Mei mendatang,” katanya.

Dia menambahkan, dari seratus orang yang terdata, ada 50 orang yang telah melakukan swab test dan dinyatakan negatif Covid-19.

“Sampai saat ini masih berjalan masih testingnya, alhamdulillah hasilnya masih negatif,” tandasnya.

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia