Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Lima Bulan, Polri Gagalkan Peredaran 6,9 Ton Narkoba

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 04 Juni 2020, 19:28 WIB
Dalam Lima Bulan, Polri Gagalkan Peredaran 6,9 Ton Narkoba
Konferensi pers pengungkapan 402 kg sabu di Sukabumi/Istimewa
rmol news logo Keseriusan Polri untuk memerangi narkoba ditunjukkan dalam data pengungkapan tindak kejahatan extraordinary ini dalam kurun waktu Januari-Mei 2020.

“Kurun waktu Januari hingga Mei 2020, jumlah barang bukti narkoba yang berhasil diamankan Polri sebanyak 6,9 ton,” kata Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers pengungkapan 402 kg sabu di Sukabumi, Kamis (4/6).

Hitungan dua minggu terakhir, secara berturut-turut Satgasus Bareskrim Polri mengungkap 821 kg sabu di Serang, Banten Sabtu (23/5) dan 402 kg di Sukabumi, Jawa Barat hari ini.

Mantan Kapolda Banten ini memaparkan, 6,9 ton narkoba itu didominasi oleh sabu dengan total tangkapan 3,52 ton, disusul ganja seberat 3,35 ton. Kemudian tembakau gorilla seberat 55,26 kg dan 552.427 butir pil XTC.

Selain 6,9 ton barang bukti narkoba, Polri juga mengungkap 19.468 kasus tindak pidana dengan total tersangka sebanyak 25.526 orang dalam lima bulan terakhir. Data itu dihimpun dari seluruh jajaran kepolisian daerah.

Dalam satu kesempatan, Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan, Polri telah melakukan pemetaan sejumlah wilayah yang jumlah kasus tindak pidana narkoba mencapai 1.000 kasus dalam satu tahun.

Wilayah itu diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

“Angka penyalahgunaan narkoba besar sekali mencapai 4.806.000, mulai dari yang coba-coba, pengedar, hingga pengguna aktif,” paparnya.

Ia melanjutkan, setidaknya 11 ribu hingga 13 ribu orang per tahun menjadi korban narkoba dengan dampak mencapai kurang lebih 80 triliun per tahunnya.

“Saya ingatkan, salah satu cara (musuh) untuk menguasai bangsa ialah dengan narkoba,” tekan Sigit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA