Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Polda Jateng Segera Rampungkan Perkara TPPO ABK WNI Di Kapal China

Polda Jateng telah menahan 2 orang tersangka terkait penyaluran ABK ke kapal China secara ilegal/RMOLJateng

Direktorat Tindak Pidana Umum (Ditipidum) Bareskrim Polri dalam waktu dekat bakal merampungkan berkas penyidikan kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) terhadap ABK WNI di Kapal Lu Qing Yuan Yu 623.

Begitu yang disampaikan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (28/5).

Pada perkara ini, Polri telah menetapkan dua orang tersangka terkait kasus pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) WNI di perairan Somalia.

Kedua tersangka itu adalah Komisaris PT Mandiri Tunggal Bahari, Sustriyono dan Direktur PT Mandiri Tunggal Bahari, Muhamad Hoji. Mereka diduga telah melakukan perekrutan kepada WNI untuk diperkerjakan sebagai ABK.

"Penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Tengah akan segera merampungkan berkas perkara untuk dikirim ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah," jelas Kombes Ahmad.

Ahmad menyebut, sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan ke sejumlah saksi. Kemudian, untuk percepat rampungnya berkas, polisi juga akan memeriksa ahli dari Dinas Ketenagakerjaan.

"Sampai dengan saat ini telah dilakukan pemeriksaan terhadap 10 saksi dan minggu ini akan dilakukan pemeriksaan ahli dari Dinas Tenaga Kerja," ujarnya.

Pengungkapan kasus TPPO ini dimulai pada hari sabtu tanggal 16 Mei 2020, di mana pelapor mendapatkan informasi bahwa PT Mandiri Tunggal Bahari yang beralamatkan di Perum Graha Lumintu No B-15, Kalidawa kecamatan Talang, Kabupaten Tegal telah memberangkatkan TKI ke luar wilayah Indonesia.

Kemudian, pelapor bersama-sama saksi 1 dan 2 melakukan pengecekan ke lokasi Kantor PT Mandiri Tunggal Bahari. Namun demikian, setelah sampai kantor PT tersebut ternyata pada pintu kantor terdapat tulisan sudah tutup pada 14 Mei 2020.

Lalu hasil penyelidikan bahwa sesuai dengan Akte pendirian PT Mandiri Tunggal Bahari bergerak di bidang penyelesaian dan penempatan tenaga kerja ABK ke luar negeri.

Sejak bulan Desember 2018 sampai dengan sekarang telah melakukan perekrutan dan penempatan ABK sejumlah 231 orang di kapal ikan berbendera China melalui kerjasama dengan agency PT Xianggang Xinhai Shipping Co, Ltd.

Selanjutnya, pada tanggal 29 Oktober 2019 PT Mandiri Tunggal Bahari pernah memberangkatkan ABK atas nama Herdianto untuk bekerja di Kapal Ikan FV. Lu Qing Yuan Yu 623. Pada tanggal 16 januari 2020 Herdianto meninggal dunia karena sakit dan jenazahnya dilarung ke lautan lepas.

Kemudian, pada tanggal 30 september 2019 PT MTB memberangkatkan ABK atas nama Taufik Ubaidilah untuk bekerja di Kapal FV. Fu Yuan Yu 1218 melalui agency agency Xianggang Xinhai shipping Co, Ltd.

Pada tanggal 23 November 2019 Taufik Ubaidilah meninggal dunia karena kecelakaan kerja jatuh dari palkah kemudian jenazahnya di larung ke lautan lepas, sedangkan enam orang ABK lompat dari Kapal Fu Yuan Yu 1218.

Dari hasil perekrutan dan penempatan ABK tersebut PT MTB menerima fee dari Agency PT Xianggang Xinhai Shipping Co, Ltd, sebesar 35 dolar AS per bulan per ABK selama mereka bekerja dan diterimakan melalui rekening bank.

Artikel Lainnya

Putus Mata Rantai Corona, AGP Dan Polres Jaktim Gelar <i>Rapid Test</i> Massal

Putus Mata Rantai Corona, AGP ..

Selasa, 07 Juli 2020
Polri Dalami Laporan Terhadap Denny Siregar Soal Unggahan Anak-anak Calon Teroris

Polri Dalami Laporan Terhadap ..

Selasa, 07 Juli 2020
Bareskrim Siber Ringkus Hacker Yang Meretas 1.309 Situs Milik Pemerintah, Termasuk Polri

Bareskrim Siber Ringkus Hacker..

Selasa, 07 Juli 2020
Jelang Launching, Polres Majalengka Cek Kesiapan Desa Tangguh Raharja

Jelang Launching, Polres Majal..

Selasa, 07 Juli 2020
Soal Salah Tembak Warga Poso, Mabes Polri: Satgas Tinombala Sudah Bertindak Sesuai SOP

Soal Salah Tembak Warga Poso, ..

Selasa, 07 Juli 2020
Antisipasi Karhutla, Polres Majalengka Libatkan Seluruh Elemen Masyarakat

Antisipasi Karhutla, Polres Ma..

Senin, 06 Juli 2020
Buat Surat Pengakuan Dosa, 240 Anggota Polda Sumsel Akui Konsumsi Narkoba

Buat Surat Pengakuan Dosa, 240..

Senin, 06 Juli 2020
Polri Sudah Tetapkan 73 Orang Dan 2 Korporasi Sebagai Tersangka Pembakar Hutan Dan Lahan

Polri Sudah Tetapkan 73 Orang ..

Senin, 06 Juli 2020
Kepolisian Negara Republik Indonesia