Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Antisipasi Penolakan Warga, Korps Bhayangkara Kini Dilatih Pemulasaran Jenazah Covid-19

Polri jalani pelatihan pemulasarah jenazah Covid-19/Istimewa

Anggota Direktorat Samapta Polda Metro Jaya dilatih untuk bisa melakukan pemulasaran jenazah korban virus corona (Covid-19) oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Direktur Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polda Metro Jaya, Kombes M. Ngajib mengatakan, pelatihan tersebut dimaksudkan agar anggotanya mampu mengurus pemakaman jenazah Covid-19.

“Adapun personel yang telah dilatih akan dijadikan tim khusus dalam rangka antisipasi penolakan warga atau keluarga jenazah korban Covid-19 yang nantinya bergabung dengan gugus tugas (Dinkes dan Satpol PP),” kata Ngajib dalam keteranganya, Senin (6/4).

Setelah anggota mendapat pelatikan pemulasaran, kata Ngajib, mereka akan disebar dan ditempatkan di seluruh rumah sakit maupun di rumah warga yang keluarganya meninggal dunia akibat Covid-19.

Polri pun sebelumnya telah bekerja sama dengan TNI untuk melakukan sosialisasi pemahaman kepada masyarakat agar tidak takut secara berlebihan ketika ada jenazah pasien terjangkit virus Covid-19 yang akan dikebumikan di wilayahnya.

Upaya ini menyusul banyaknya penolakan masyarakat di beberapa daerah saat ada jenazah korban terjangkit virus Covid-19 yang akan dimakamkan.

“Supaya tidak terjadi lagi, Bhabinkamtibmas dan Babinsa be‎rsama Lurah dan Dinas Kesehatan akan memberikan edukasi ke masyarakat soal korban meninggal karena corona," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra, Jumat lalu (3/4).
EDITOR: DIKI TRIANTO

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia