Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Lalai, Rakyat Yang Selamatkan Indonesia

Sabtu, 28 Maret 2020, 07:58 WIB
Pemerintah Lalai, Rakyat Yang Selamatkan Indonesia
Presiden Joko Widodo/Net
AWAL Februari 2020, ketika wabah virus corona (Covid-19) belum berstatus pandemik, tetapi sudah mulai menyebar ke banyak negara, persiapan apa yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi?
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Alih-alih menyiapkan langkah-langkah penting untuk menahan virus corona, Jokowi malah sibuk dengan mengebut pembahasan omnibus law dan proyek ibukota baru.

Ketika negara-negara mulai melakukan pembatasan masuk-keluar negara, Jokowi justru antusias memberikan insentif pariwisata.

Ketika dunia internasional melakukan pendekatan-pendekatan ilmiah untuk prediksi kekuatan wabah di berbagai negara, para pendukung dan orang-orang inner circle Jokowi malah membuat pernyataan nyeleneh yang tidak ilmiah.

Seharusnya Jokowi mengajak rakyat dan mengkoordinasikan daerah-daerah untuk bersiap diri hadapi wabah corona.

Sayangnya PP yang mengatur teknis pelaksanaan UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan belum disiapkan Jokowi meski UU itu sudah dua tahun disahkan.

Sebenarnya Jokowi bisa siapkan BUMN farmasi/kesehatan untuk uji test-kit dan produksi massal masker, hand sanitizer & APD (alat pelindung diri untuk dokter dan perawat) jauh-jauh hari agar rakyat tidak terbebani dengan harganya yang sekarang meroket. Juga tidak perlu impor seperti dilakukan India yang sudah produksi tes kit dalam negeri.

Kekurangan APD ini saat beban merawat pasien positif begitu berat mengakibatkan banyak dokter dan perawat meninggal setelah tertular pasien.

Kesimpulannya, sejak awal wabah corona Jokowi menganggap enteng, meski sudah dingatkan banyak pihak. Dan kini sangat jelas kegagapannya menghadapi kasus yang terus bertambah.

Sekarang Jokowi terjebak dalam dilema lockdown atau tidak. Semakin terlambat ambil keputusan, yang sehat bisa sakit, yang sakit malah mati.

Ini soal kepemimpinan. Pemimpin harus punya leadership yang kuat dan mampu membaca arah masalah akan seperti apa nantinya. Dan Jokowi terbukti gagal dalam hal itu.

Kini rakyat harus berjuang masing-masing dalam melawan corona. Tidak ada yang kasih uang ketika hilang pendapatan harian karena tidak lagi bisa berjualan atau narik ojek. Tapi rakyat tetap harus kuat jika tidak mau negeri ini rusak parah. Jika pemimpin lalai, maka rakyatlah yang akan selamatkan negara.

Sekarang kita tidak bisa apa-apa lagi, selain jaga diri masing-masing dan banyak-banyak berdoa. Kalau bisa bantulah orang yang perlu makan. Siapkan lahir bathin untuk situasi terburuk.

Ingatlah selalu 5T dan 2S:

-Tinggal di rumah
-Tubuh selalu sehat
-Tangan sering dicuci
-Tes gejala corona
-Telusur pernah kontak

Ayo "STOP penyebaran Corona" untuk "SELAMATKAN hidup kita". rmol news logo article

Gde Siriana Yusuf
Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (Infus) Indonesia.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA