Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Densus 88 Gulung Sembilan Terduga Teroris Kelompok JAD Bekasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 23 September 2019, 16:18 WIB
Densus 88 Gulung Sembilan Terduga Teroris Kelompok JAD Bekasi
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Jajaran tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali melakukan serangkaian operasi penangkapan. Kali ini, densus menangkap sembilan orang terduga teroris dari kelompok JAD Bekasi yang terkoneksi dengan JAD Bandung.

"Ada 9 orang terduga teroris yang ditangkap. Pertama ditangkap jam 5.35 WIB atas nama SN di Tambun, Bekasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/9).

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menjelaskan, penangkapan itu dilakukan di beberapa tempat yang ada di Bekasi. Di wilayah Tambun, diamankan 2 orang, yakni Haedar dan Igun Gunawan ditangkap pukul 06.05 WIB. Satu tersangka lainnya AZ ditangkap di Tambun Selatan pukul 5.35 WIB.

Adapula 2 tersangka yang ditangkap di wilayah Tambun Utara, Bekasi, pukul 07.05 WIB. Mereka adalah AR, S yang merupakan istri AR. Selanjutnya penangkapan dilakukan kepada AS di Bekasi Utara.

Kemudian MA alias Muri ditangkap pukul 8.30 WIB di daerah Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara dan I ditangkap di Jakarta Barat.

Penangkapan kepada 9 tersangka ini merupakan penyelidikan cukup lama dari Densus 88.

Mereka diduga menjalankan 4 tahapan dalam aksi terornya. Pertama mereka melakukan konsolidasi, menggelar taklim-taklim, dan menjalankan i'dad (persiapan individu) di Gunung Halimun, Bogor.

"Setelah itu baru dia melakukan rencana aksi terornya. Sasaran utama mereka togut, aparat polisi dan kantor polisi," imbuh Dedi.

Dari tangan para tersangka, disita sejumlah barang bukti di antaranya bahan pembuat bom high explosive. Bahan-bahan ini terlihat sudah akan dirakit, dan selanjutnya digunakan untuk aksi teror.

"Untuk H, masih didalami. Berbagai macam senpi, sajam, panci yang disiapkan merakit bom panci. Ini akan digabung dengan yang tertangkap di Jakarta Utara. Semua terkoneksi," pungkas Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA