Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Operasi Pasar Kementan, Harga Bawang Merah Jadi Rp 22 Ribu Per Kilogram

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 01 Mei 2019, 14:30 WIB
Operasi Pasar Kementan, Harga Bawang Merah Jadi Rp 22 Ribu Per Kilogram
Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri/Net
rmol news logo . Harga bawang merah dan bawang putih belum juga turun dalam kurun waktu tiga pekan terakhir. Dengan demikian, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) kembali turun ke pasar tradisional melakukan operasi pasar untuk kesekian kalinya.

"Kami berkomitmen untuk terus menjaga pasokan dan stabilitasi harga," ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri di Pasar Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (1/5).

Dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena jelang Puasa dan Lebaran 2019 stok bawang dipastikan meningkat karena panen di sentra-sentra produksi bawang di Indonesia akan segera berlangsung.

Sebelum tiba di masa panen, lanjutnya, BKP Kementan akan terus menjaga harga stok bawang dan makanan strategis lainnya lewat TTIC (Toko Tani Indonesia Center) yang dibuka serentak di beberapa pasar tradisional seperti Pasar Pramuka, Pasar Cempaka Putih, Pasar Lenteng Agung, Pasar Mayestik dan Pasar Pondok Labu.

Dipilihnya lima lokasi tersebut karena harga bawang merah masih bertengger di angka Rp 50.000/kg, sedangkan yang dijual TTI melalui operasi pasar hanya Rp. 22.000,-/kg.

"Terlebih lagi beberapa hari menjelang Hari Besar Keamaan Nasional (HBKN) seperti Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. Ini semua kami lakukan, agar masyarakat selain mudah memperoleh harga pangan pokok strategis, juga terjangkau dan berkualitas," tambah Risfaheri.

Untuk diketahui, BKP Kementan beberapa kali melakukan operasi pasar untuk menurunkan harga bawang. Terhitung sejak tanggal 12-16  April lalu di 9 pasar dan TTIC dengan menggelontorkan 10 ton bawang merah dan bawang putih. Kemudian dilanjutkan lagi tanggal 18-21 april di 5 pasar dan TTIC dengan membawa 3 ton bawang merah dan 5 ton bawang putih.

Khusus untuk operasi pasar hari ini, BKP Kementan membawa 500 kg bawang merah di masing-masing pasar. Harga yang ditawarkan adalah Rp 22.000/kg dan akan terus berlangsung sampai harga bawang merah turun menjadi Rp 32.000/kg di tingkat konsumen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA