Menpan Akan Hadiri Hari Otoda di Banywuangi

Selasa, 23 April 2019, 02:07 WIB | Laporan: Elitha Tarigan

Istimewa/Net

Kabupaten Banyuwangi bakal menjadi tuan rumah peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional ke-23 yang akan digelar Kamis, 25 April 2019. Acara yang diikuti 4.000 peserta dari seluruh Indonesia ini akan dibuka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Hari Otoda diperingati setiap 25 April. Pada tahun ini, puncak peringatan dipusatkan di Stadion Diponegoro, Banyuwangi yang akan dihadiri seluruh gubernur dan kepala daerah se-Indonesia.

“Mendagri, Menpan dan Gubernur Jatim dijadwalkan hadir pada pembukaan Hari Otoda. Dilanjut dengan Malam Apresiasi penyerahan penghargaan Satya Lencana untuk provinsi, kabupaten/kota di Indonesia yang berprestasi,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Senin (22/4).

Rangkaian Hari Otoda di Banyuwangi akan dimulai Kamis pagi dengan upacara peringatan yang dipimpin langsung oleh Mendagri di Stadion Diponegoro. Acara berlanjut pada malam hari, dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karyabhakti Praja Nugraha, penghargaan kepada daerah terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

“Banyuwangi sendiri telah berhasil meraih penghargaan ini selama tiga tahun berturut-turut. Pada 2018 lalu, kita masuk enam besar daerah terbaik EKPPD dari 416 kabupaten se- Indonesia,” jelas Anas.

Peringatan Hari Otonomi Daerah tersebut juga akan dimeriahkan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur yang berlangsung pada 24-26 April 2019 di Taman Blambangan. Event ini menampilkan berbagai inovasi pelayanan publik seluruh kabupaten/kota di Jatim.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


loading