Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manunggaling Kawula Gusti

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/jaya-suprana-5'>JAYA SUPRANA</a>
OLEH: JAYA SUPRANA
  • Jumat, 26 Oktober 2018, 06:34 WIB
Manunggaling Kawula Gusti
Foto: Net
DI dalam mitologi abad XX yang dihadirkan oleh produsen komik Marvel di Amerika Serikat tampil seorang superhero bernama Antman memiliki kesaktian mampu mengecilkan tubuh sampai sekecil semut.

Di dalam lelakon Wayang Purwa di Indonesia hadir seorang tokoh sakti mandraguna plus arif bijaksana yang memiliki tubuh ukuran mikro mirip Antman bernama Dewa Ruci.

Mikrokosmos

Beda dengan kisah Antman di komik Marvel yang lebih bersifat hiburan duniawi genre action beraroma teknologi, kisah Dewa Ruci di dalam Wayang Purwa lebih bersifat spiritual mengandung makna kearifan jauh lebih mendalam untuk direnungi.

Dewa Ruci dijumpai oleh Bima alias Werkudara ketika berkelana menempuh perjalananan mencari air kehidupan sampai ke alam mikrokosmos. Serat Dewa Ruci merupakan satu dari sekian banyak episoda Wayang Purwa yang mengandung ajaran falsafah moral kebudayaan Jawa.

Manunggaling Kawula Gusti

Kisah Dewa Ruci mempersembahkan pembelajaran tentang kepatuhan seorang murid kepada guru, kemandirian bertindak, perjuangan keras dan upaya menemukan jati diri serta keteguhan keimanan. Pengenalan jati diri akan membawa seseorang untuk mengenal asal-usul diri sebagai ciptaan dari Tuhan.

Upaya pendekatan diri kepada Tuhan itu menimbulkan hasrat untuk bertindak selaras dengan kehendak Tuhan, bahkan menyatu dengan Tuhan atau yang kerap disebut sebagai Manunggaling Kawula Gusti yaitu bersatunya manusia sebagai hamba Tuhan dengan Tuhan Yang Maha Kuasa.[***]


Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kebudayaan Nusantara

< SEBELUMNYA

Hikmah Heboh Fufufafa

BERIKUTNYA >

Dirgahayu Indonesia

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA