Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPD Dan Parlemen Korsel Bahas Investasi Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 14 September 2018, 16:54 WIB
DPD Dan Parlemen Korsel Bahas Investasi Daerah
Oesman Sapta bersama Moon Hee Sang/DPD RI
rmol news logo Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menerima kunjungan Ketua Parlemen Korea Selatan Moon Hee Sang.

Pertemuan membahas mengenai peningkatan kerja sama antara Indonesia dengan Korsel yang salah satunya adalah investasi untuk pembangunan di daerah.

Pertemuan tersebut dianggap sebagai tindak lanjut kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korsel untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara.

Oesman Sapta berharap ke depannya ada kerja sama antara DPD dengan parlemen Korsel terkait investasi untuk pembangunan daerah.

"Presiden kita baru pulang dari sana (Korsel) dan telah menandatangani memorandum of understanding yang meningkatkan hubungan ekonomi untuk tahun 2020 mencapai 30 miliar dolar. Beliau (Moon Hee Sang) datang juga untuk mempertegas dan ingin menjajaki dalam investasi yang dapat menjalar ke daerah-daerah," jelas Oesman Sapta di ruang kerjanya, Gedung DPD, Jakarta, Jumat (14/9).

Senator asal Kalimantan Barat itu berharap agar ke depan hubungan persahabatan kedua negara semakin erat dan selalu terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Oesman Sapta juga meminta Korsel dapat memberikan dukungan dalam pertemuan MIKTA atau Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, dan Australia.

"Mengenai MIKTA kita sangat membutuhkan dukungan. Salah satu agendanya melawan terorisme, kerjasama ekonomi, pengembangan energi, pembangunan berkelanjutan, kesetaraan gender, pemeliharaaan perdamaian, tata kelola pemerintahan yang baik, pelaksanaan demokrasi," ujarnya.

Sementara itu, Moon Hee Sang menjelaskan bahwa pertemuannya dengan pimpinan DPD RI bertujuan membahas peningkatan kerja sama kedua negara. Menurutnya, sebagai sesama negara berkekuatan menengah, Indonesia dan Korselharus selalu mempererat hubungan.

“Kami berdua membicarakan berbagai hal untuk meningkatkan kerjasama khususnya untuk memberikan dukungan kepada Indonesia dan Korea Selatan sebagai negara kekuatan menengah dan anggota MIKTA. Saya berharap Indonesia ke depannya tetap memegang peranan penting sebagai negara penting di MIKTA dan ASEAN," papar Moon Hee Sang.

Dia menambahkan, Korsel berkomitmen untuk selalu meningkatkan kerja sama investasi dengan Indonesia. Ke depan, terdapat proyek-proyek kerja sama yang akan dilakukan bersama.

"Dalam dua tahun terkahir ini investasi Korea Selatan ke Indonesia naik 80 persen dan perdagangan mengalami kenaikan 20 persen. Saya mohon dukungan dan perhatian besar dari ketua DPD dan seluruh jajaran DPD agar seluruh investasi Korea Selatan dapat berjalan baik dalam lingkungan yang aman dan nyaman di Indonesia," imbuh Moon Hee Sang. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA