Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Diminta Tidak Buka Lahan Dengan Membakar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 12 Juni 2016, 16:50 WIB
Masyarakat Diminta Tidak Buka Lahan Dengan Membakar
net
rmol news logo Bupati Merangin Al Haris meminta masyarakat dapat 0menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) dan hutan di wilayahnya. Selain memperbaiki alam, hal itu juga menjaga keseimbangan ekosistem.

"Saya sangat berterima kasih dengan seluruh masyarakat khususnya Kecamatan Siau dan sekitarnya yang mampu memelihara Sungai Batang Tembesi dengan baik, sehingga sungai ini tidak tercemar," katanya, Minggu (12/6).

Saat berkunjungan ke Kecamatan Siau, Al Haris memuji masyarakat dan sekitarnya yang tidak terkontaminasi dengan aksi penambangan emas tanpa izin (PETI). Di mana masyarakat sekitar masih tetap menggantungkan hidupnya dengan bercocok tanam.

Menurutnya, masyarakat di daerah itu juga mampu menjaga kelestarian hutannya dengan baik. Untuk itu, Al Haris berharap masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Tradisi membuka lahan dengan cara membakar kita tinggalkan saja, jangan lagi dilakukan hal itu. Karena disamping menimbulkan pencemaran, juga akan mengganggu ekosistem di sekitarnya," jelasnya.

Al Haris menambahkan, siapapun yang membuka lahan dengan cara membakar akan diproses secara hukum.

"Beberapa waktu lalu ada oknum PNS yang ditangkap polisi karena membakar hutan untuk lahan perkebunan," tegasnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA