Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HARI LAHIR PANCASILA

Saatnya Mahkamah Konstitusi Diubah Menjadi Mahkamah Pancasila

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Rabu, 01 Juni 2016, 17:12 WIB
Saatnya Mahkamah Konstitusi Diubah Menjadi Mahkamah Pancasila
adhie massardi/net
rmol news logo Pancasila sebagai produk pemikiran manusia sudah sangat bagus. Sebagai ideologi pun Pancasila nyaris paripurna dan diakui dunia.

"Pancasila menjadi masalah bagi bangsa Indonesia karena ideologi yang bagus ini tidak pernah dijalankan oleh pemerintah, dan diabaikan oleh para penyelenggara negara," kata Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Adhie Massardi, Rabu (1/6).

Pancasila juga menjadi masalah karena kedudukannya tidak jelas dalam kehidupan ketatanegaraan Indonesia. ia menyebut banyak undang-undang yang bertentangan dengan Pancasila dan dijalankan dengan santainya.

"Tidak ada hukuman apapun bagi siapa saja yang melawan Pancasila. Karena Pancasila hanya dibicarakan pada hari kelahirannya saja, 1 Juni," sesal Adhie.

Adhie Massardi mengatakan, dirinya bersama beberapa rekannya sedang berjuang agar Mahkamah Konstitusi diubah menjadi Mahkamah Pancasila dan menjadi referensi semua produk politik di negeri ini.

"Jadi konstitusi dan undang-undang di bawahnya dirujuk ke Mahkamah Pancasila. Kalau bertentangan dengan Pancasila harus didrop atau dibatalkan," pungkasnya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA