Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inovasi, Kemenperin Kembangkan Perpustakaan Berbasis Online

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 12 April 2016, 21:17 WIB
Inovasi, Kemenperin Kembangkan Perpustakaan Berbasis Online
rmol news logo Kementerian Perindustrian menggelar Book Fair di Plasa Pameran Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta, Selasa (12/4). Acara yang dibuka untuk umum dari Selasa-Jumat, 12-15 April 2016 tersebut sebagai bentuk promosi perpustakaan, juga diharapkan dapat merangsang minat baca pengunjung melalui penyediaan buku murah yang berkualitas.

Ketika membuka Kemenperin Book Fair, Menperin Saleh Husin menyampaikan bahwa Perpustakaan Kemenperin melakukan serangkaian inovasi melalui pelayanan berbasis online yang terintegrasi dari hulu sampai hilir. Salah satu layanan tersebut melalui integrasi website dan libranet.

"Sistem ini semakin meningkatkan kehandalan layanan serta memudahkan pustakawan dalam melakukan pengelolaan perpustakaan," ujar Menperin.

Pihaknya juga terus menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Nasional sebagai induk dan pembina perpustakaan Indonesia dalam pengembangan kompetensi pustakawan dan standardisasi pengelolaan perpustakaan.

Saleh mencermati, meski dewasa ini era digital kian menggeser keberadaan buku manual, namun arti penting sebuah buku sebagai literatur primer tetap dibutuhkan. Selain itu kontribusi dari berbagai komunitas yang ikut memeriahkan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam perpaduan seni budaya dan ilmu pengetahuan.

Menperin juga berharap peningkatan akses literatur melalui perpustakaan dan kegiatan pameran meningkatkan bekal generasi bangsa yang handal dan tangguh demi tercapainya kehidupan industrialiasi yang lebih baik.

Didampingi Sekretaris Jenderal Kemenperin Syarif Hidayat dan Kepala Biro Humas Setia Utama, Menperin menyambangi stan-stan peserta pameran. Saya mengharapkan penyelenggaraan 'Kemenperin Book Fair' dapat memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pengunjung untuk menambah wawasan dan khasanah pustaka yang berkualitas," tutup Menperin.

Perpustakaan Kementerian Perindustrian merupakan salah satu perpustakaan khusus” dengan koleksi mayoritas bidang industri untuk mendukung visi dan misi Kementerian Perindustrian melalui serangkaian literatur dan referensi ilmiah. Upaya ini diyakini dapat mendukung proses pengkajian kebijakan serta penelitian dan pengembangan industri seperti SNI, jurnal, buletin, handbook dan textbook. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA