Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BMKG: Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Saat Malam Tahun Baru

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 31 Desember 2015, 04:38 WIB
rmol news logo Kondisi cuaca untuk wilayah Jabodetabek diperkirakan pada umumnya cerah berawan sepanjang hari ini (Kamis, 31/12). Meski begitu, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah Utara dan Selatan Jabodetabek.

"Sehingga bagi masyarakat yang hendak merayakan malam Tahun Baru disarankan agar mengantisipasi turunnya hujan," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik, BMKG, Mulyono R. Prabowo.

Sementara itu, beberapa wilayah di Indonesia lainnya juga diperkirakan akan cerah hingga berawan pada malam pergantian tahun nanti malam.

"Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di sebagian wilayah Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Tengah dan Selatan," ucapnya.

Sementara bagi masyarakat yang mengisi liburan dengan melakukan wisata laut diharapkan juga tetap waspada pada potensi terjadinya gelombang laut yang tinggi.

Karena pada periode awal tahun 2016 beberapa wilayah perairan seperti Pulau Sabang, Mentawai, Pesisir Selatan Jawa, NTB, Arafuru dan Natuna dapat memiliki tinggi gelombang laut hingga 2,5 meter.

Seperti dilansir situs BPBD Jakarta,   dalam memasuki bulan Januari, BMKG mengimbau kepada masyarakat di seluruh Indonesia untuk mewaspadai terjadinya kondisi cuaca ekstrem, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki puncak musim penghujan.

"Pada bulan Januari ini intensitas curah hujan diperkirakan akan semakin meningkat, untuk itu masyarakat yang berada di area yang potensial terjadi banjir dan tanah longsor agar terus meningkatkan kewaspadaannya," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA