Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BNPB Siapkan Rp 40 M untuk Hujan Buatan Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Senin, 13 Juli 2015, 02:46 WIB
BNPB Siapkan Rp 40 M untuk Hujan Buatan Atasi Kebakaran Hutan dan Lahan
rmol news logo Presiden Joko Widodo telah mengintruksikan dan menugaskan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai penanggung jawab mengendalikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini terkait pengaruh El Nino moderat yang akan menyebabkan kondisi cuaca lebih kering dan musim kemarau lebih panjang hingga November 2015.

"BNPB mendukung Kemen LHK dan mendampingi BPBD di daerah. Gubernur dan Bupati/Walikota menjadi penanggung jawab di daerahnya," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangannya (Minggu, 12/7).
 
Salah satu upaya mengatasi karhutla adalah dengan modifikasi cuaca atau hujan buatan. BNPB bersama BPPT, Kemen LHK dan TNI AU terus melaksanakan hujan buatan di Riau dan Sumatera Selatan. Di Riau hujan buatan dilakukan sejak 22-6-2015 hingga sekarang dengan pesawat CN-295 TNI AU.

Sebanyak 36,5 ton garam (NaCl) telah ditaburkan ke dalam awan dari pesawat sebanyak 21 kali penerbangan. Di Sumsel, hujan buatan menggunakan pesawat Casa 212-200 Pelita Air Service sejak 9-7-2015 dengan menaburkan 5 ton garam.
 
"Untuk hujan buatan selama 90 hari di Sumatera dan Kalimantan, BNPB mengalokasikan Rp 40 miliar. Biaya ini sebagian besar untuk operasional pesawat terbang. Pemda Kalbar juga sudah mengajukan dilakukan hujan buatan mengatasi karhutla," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA