Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Maritim akan Undang Investor untuk Percepat Pembangunan Sabang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Rabu, 25 Februari 2015, 09:02 WIB
Menko Maritim akan Undang Investor untuk Percepat Pembangunan Sabang
rmol news logo Pembangunan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Sabang, Aceh, harus segera dipacu sebagai bagian dalam upaya Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia.

Tekad tersebut muncul dalam pertemuan Walikota Sabang Zulkifli Adam dan Kepala Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Fauzi Husin dengan Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo, kemarin Selasa,(24/2).

Sebagaimana diketahui, melalui UU 37/ 2000, Sabang ditetapkan sebagai Kawasan Perdagangan Bebas (Free Trade Zone-FTZ) dan Pelabuhan Bebas (Free Port-FP) dengan segala sarana fiskal dan non-fiskalnya.

Sejak Sabang ditetapkan sebagai FTZ dan FP, pembangunan infrastruktur mulai dilaksanakan, antara lain sarana pelabuhan container, pelabuhan perikanan, pelabuhan ferry, kawasan industri dan perdagangan, resort wisata bahari dan sarana air bersih an listrik.

Di Sabang juga berdiri Tugu Titik Kilometer 0 NKRI. Investasi yang telah dibenamkan Pemerintah ke Sabang, pada kurun 2003-2014, telah mencapai Rp 2,8 triliun lebih.

Sebagai langkah selanjutnya, Menko Indroyono Soesilo berjanji untuk mulai mengundang para investor guna menanamkan modalnya di Sabang FTZ mengingat prasarana dasar telah siap.

Karena dia telah meminta Kepala BPKS, Fauzi Husin, menyiapkan bahan presentasi guna segera dipaparkan di hadapan pimpinan Bank Dunia untuk mendapatkan masukan strategi mengundang investor ke Sabang.

"Disamping itu, frekuensi kehadiran kapal-kapal wisata besar (cruise ship) yang sudah mulai berdatangan ke Sabang akan ditingkatkan," jelasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA