Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Calon Kapolri, Golkar Dukung Jagoan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Sabtu, 10 Januari 2015, 18:29 WIB
Soal Calon Kapolri, Golkar Dukung Jagoan Jokowi
bambang soesatyo
rmol news logo Jalan Komjen Budi Gunawan untuk menjadi Kapolri sepertinya akan mulus. Karena dukungan kepada Kepala Kemdikpol tersebut untuk menjadi Tri Brata 1 mulai mengalir dari DPR.

"Golkar sendiri mendukung pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan Presiden sebagai Kapolri mengantikan Jenderal Pol Sutarman," ujar Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, dalam pesan singkat petang ini (Sabtu, 10/1).

Alasannya, calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi itu telah memenuhi kualifikasi sebagai Kapolri. Karena paling tidak, Komjen Budi Gunawan sudah pernah memimpin dua wilayah. Yaitu, saat menjadi Kapolda Jambi dan Bali.

"Soal isu rekening gendut, Komisi III periode lalu sebenarnya sudah mendapat klarifikasi dari Bambang Hendarso Danuri (BHD), Kapolri ketika itu. Bahwa yang bersangkutan sudah diperiksa institusi Polri dan hasilnya clear," sambung anggota Komisi III DPR RI ini.

Meski begitu, Bambang Soesatyo belum mengetahui apakah anggota Komisi Hukum akan menerima usulan Presiden Jokowi tersebut. Karena fit and proper test sendiri kemungkinan baru akan digelar paling lama dua pekan depan.

"Namun biasanya, menoleh ke belakang sejarah fit and proper calon Kapolri maupun Panglima TNI di DPR, ujung-ujungnya DPR menerima juga usulan Presiden itu," tandasnya.[zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA