Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budi Gunawan Didorong jadi Kapolri karena Berjasa terhadap Jokowi?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 08 Januari 2015, 14:12 WIB
Budi Gunawan Didorong jadi Kapolri karena Berjasa terhadap Jokowi?
budi gunawan
rmol news logo Sejumlah pengamat, LSM, bahkan anggota Komisi III DPR mendorong agar Presiden Joko Widodo segera mengangkat Kapolri yang baru.

Bahkan tak sedikit dari mereka sudah menyebut nama Kepala Lemdikpol Mabes Polri Komjen Budi Gunawan yang tepat untuk menjadi Tri Brata 1.

Independent Police Watch heran dengan wacana yang berhembus kencang tersebut. Karena Jenderal Sutarman sendiri baru akan memasuki masa pensiun bulan Oktober mendatang.

"Independent Police Watch mempertanyakan dasar pergantian Kapolri. Apa efektifitas pergantian tersebut. Apa hanya upaya balas jasa terhadap kelompok atau golongan yang merasa berjasa terhadap pemerintahan ini," ujar Jubir Bakornas IPW Sogi Sasmita dalam keterangannya (Kamis, 8/1).

Sogi tak terima penilaian bahwa Kapolri mendatang harus berasal dari angkatan '83 dengan alasan efektifitas. Mengingat, Akpol angkatan 83 akan pensiun tahun 2017. Artinya hanya dua tahun menjabat kalau dipercaya menjadi Kapolri.

"Jadi alangkah baiknya yang ditunjuk adalah angkatan 85 yang seusia dengan Pemerintahan Jokowi-JK. Sehingga reformasi Kepolisian bisa dilanjutkan sesuai UU Polri," tandasnya.

Budi Gunawan dikenal dekat dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Karena dia menjadi ajudan saat putri Bung Karno tersebut menjadi Presiden RI. Bahkan, Budi Gunawan disebut-sebut ikut menyokong Jokowi saat ilpres kemarin. Namun, hal itu dibantah. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA