Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka Gelar Eksebisi Tiga Hari Di Citos

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ade-mulyana-1'>ADE MULYANA</a>
LAPORAN: ADE MULYANA
  • Jumat, 19 Oktober 2012, 13:04 WIB
Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka Gelar Eksebisi Tiga Hari Di Citos
sabar dan sby
rmol news logo Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka menggelar eksebisi di Cilandak Town Square (Citos), pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan.

Selain untuk mempublikasikan tentang segala hal yang sudah diraih Sabar Gorky bersama Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka sejak tahun lalu, kegiatan ini dimaksudkan untuk memohon doa restu serta dukungan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah, terkait rencana Sabar Gorky dan Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka melakukan pendakian Gunung Cartenz Pyramid, di Papua, pada 28 Oktober 2012.

Rencana menaklukkan Cartenz Pyramid, gunung tertinggi di Oceania, merupakan rangkaian perjalanan Sabar Gorky dalam mewujudkan cita-citanya menjadi pendaki tunadaksa pertama di dunia yang menaklukan tujuh puncak tertinggi dunia.

Sebelumnya Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka telah mengantarkan Sabar Gorky ke puncak Gunung Elbrus Rusia pada 17 Agustus 2011 dan mencatatkan namanya sebagai tuna daksa pertama di dunia yang berhasil mencapai puncak tertinggi di Benua Eropa itu. Sabar juga sukses menancapkan bendera merah putih di puncak gunung tertinggi di Benua Afrika Kilimanjaro pada 10 November 2011.

Kegiatan eksibisi yang diselenggarakan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (19-21/10) ini diadakan oleh Tim Ekspedisi Rakyat Merdeka yang dimotori Rakyat Merdeka Online bersama organisasi pemuda pecinta alam Top Ranger And Mountain Pathfinder (TRAMP). Tim Ekepedisi Rakyat Merdeka bersama TRAMP telah berhasil melaksanakan beberapa kegiatan yang berhubungan dengan petualangan di alam bebas dengan menggunakan icon Sabar Gorky.

Dengan keterbatasan yang dimiliki, Sabar Gorky punya prestasi mengagumkan, bahkan melebihi orang normal. Pada 1986-1987, Sabar berhasil mendaki sejumlah gunung tertinggi di Jawa dan Sumbawa: Semeru, Rinjani, Sumbing, Sindoro, Lawu, Slamet, Merapi, Gunung Gede dan lainnya. Dia juga berhasil berkeliling Solo-Bali dengan mengayuh sepeda.

Di tingkat Asia, Sabar berhasil meraih medali emas dalam ajang Sport Asian Championship di Chuncheon, Korea pada tahun 2009. Ia mendapatkan kehormatan untuk menjadi pemegang obor ASEAN Paragames VI yang di selenggarakan di Solo, Jawa Tengah pada bulan Desember 2011. Terakhir, pendaki asal Solo ini mendapat peringkat empat besar dunia dalam World Championship Difable Climbing Competition, 12-16 September 2012 di Bolevard Berci, Paris, Prancis.

RMOL dan TRAMP adalah dua lembaga yang bersedia mewujudkan mimpi-mimpi Sabar Gorky dengan selalu mendampingi setiap perjalanannya, membuatkan konsep-konsep menuju cita-citanya, serta membukakan gerbang harapan untuk mewujudkan impian-impiannya.

Acara eksibisi sendiri akan diisi dengan climbing excebition oleh Sabar Gorky dan kegiatan lainnya antara lain pameran foto hasil perjalanan Tim Ekspdisi Rakyat Merdeka sejak tahun 2011, talk show bersama para pendaki gunung Indonesia, sahabat pecinta alam dan instansi pemerintah yang akan diwakili oleh beberapa menteri terkait serta anggota DPR. Talkshow bertema Papua dan pagelaran budaya Papua juga akan digelar dalam kegiatan ini.

"Ekpedisi Rakyat Merdeka Menuju Tanah Papua, Mendaki Cartenz Karena Cinta Papua," begitulah tema kegiatan ini. [dem]


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA