Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gempita di Kampung Merdeka, Ceko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 03 Agustus 2010, 20:22 WIB
Gempita di Kampung Merdeka, Ceko

Menjelang peringatan HUT RI ke-65, suasana KBRI Praha tampak berbeda dari biasanya. Semenjak dari pintu gerbang, warna merah putih sudah menghiasi halaman bangunan kuno yang terletak di puncak bukit Smichov, Praha. KBRI Praha telah disulap menjadi Kampung Merdeka.


Kepada Rakyat Merdeka Online, KUAI KBRI Praha, Azis Nurwahyudi  menuturkan, acara Gempita Kampung Merdeka di KBRI Praha dimeriahkan oleh masyarakat dan sahabat Indonesia yang berada di Praha. Dari anak-anak balita hingga sesepuh yang telah puluhan tahun tinggal di Praha turut berbahagia menyambut HUT kemerdekaan RI yang akan dirayakan dengan kemeriahan seperti layaknya di kampung-kampung di tanah air.

Kemeriahan Gempita Kampung Merdeka yang diselenggarakan pada 31 Juli–1 Agustus 2010 dimulai dengan acara pertandingan bulu tangkis, lomba karaoke KBRI Praha Idol 2010, tennis meja dan tarik tambang. Sementara itu anak-anak turut bergembira dengan mengikuti aneka lomba seperti mewarnai gambar wayang  dan binatang khas Indonesia, memasukkan pensil dalam botol, berebut kursi dengan musik, dan membawa bola.

Azis Nurwahyudi, yang membuka acara tersebut, mengatakan bahwa kegiatan ini tidak saja diikuti oleh WNI yang tinggal di Ceko, tetapi juga oleh masyarakat Ceko yang menjadi sahabat Indonesia. Di setiap kegiatan yang diselenggarakan, selalu diikuti oleh warga Ceko keturunan Indonesia ataupun yang mencintai Indonesia. Beberapa mahasiswa Ceko yang belajar tentang Indonesia juga hadir dan turut memeriahkan acara Gempita Kampung Merdeka. Bahkan sejumlah warga yang tinggal di sekitar kantor KBRI juga hadir dan menyatu bersama masyarakat Indonesia.

Bismo Gondokusumo, Siswartono, Suyono, Dahlan dan para sesepuh warga Indonesia lain yang sudah puluhan tahun tinggal di Praha juga menyambut dengan antusias kegiatan Gempita Kampung Merdeka tahun ini. Bismo merasa bahagia setelah menyaksikan ‘generasi kedua’ dari  warga Indonesia yang tinggal di Ceko juga turut menyemarakkan peringatan HUT RI ini. Tampak kebahagiaan Suyono yang meski sudah berusia senja masih semangat mengabadikan kegiatan ini melalui foto.

KUAI KBRI Praha juga menjelaskan bahwa pada puncak acara tanggal 17 Agustus 2010, selain akan diselenggarakan upacara pengibaran bendera, juga akan dilakukan penyematan Bintang Jasa Pratama dari Presiden RI kepada Professor Zorica Dubovska (84 tahun), warga negara Ceko yang lebih dari 50 tahun berjasa memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia di Ceko. Selain itu juga akan diselenggarakan pementasan rombongan budaya Jawa Barat pimpinan Dr. Tetet Cahyati dengan menampilkan tari tradisional, wayang golek, pameran foto dan batik, serta pemutaran film dokumenter Jawa Barat. [arp]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA