Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wihadi Wiyanto Resmi Jabat Ketua Baleg DPR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 07 Agustus 2024, 04:29 WIB
Wihadi Wiyanto Resmi Jabat Ketua Baleg DPR
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (tengah) resmi melantik Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Wihadi Wiyanto menggantikan Supratman Andi Agtas di Ruang Baleg/Dok Foto: Geraldi/vel
rmol news logo Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad resmi melantik Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Wihadi Wiyanto menggantikan Supratman Andi Agtas. 

Pelantikan ini dilaksanakan di tengah-tengah rapat pleno pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan di-carry over untuk periode DPR RI selanjutnya.

"Pimpinan DPR sudah menerima surat dari Fraksi Partai Gerindra DPR RI pada tanggal 1 Agustus 2024 perihal penggantian Ketua Baleg dari Fraksi Partai Gerindra, mengalami perubahan yang semula Supratman Andi Agtas, digantikan oleh Wihadi Wiyanto," kata Dasco saat mengumumkan perubahan Ketua Baleg DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (6/8).

Setelah disetujui oleh peserta rapat Baleg DPR RI, Dasco bersama Wihadi pun melakukan seremoni penyerahan palu sidang. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Supratman yang telah menjabat sebagai Ketua Baleg selama satu periode terakhir.

"Yang baru untuk sementara magang mempelajari situasi selama 2 bulan. Kalau sukses ditempatkan yang lebih bagus," kata Dasco yang juga Politisi Partai Gerindra ini.

Setelah dilantik, Wihadi pun menjelaskan bahwa dalam rapat pleno diusulkan agar pembahasan RUU yang masuk Prolegnas harus dituntaskan di akhir periode ini. Dengan demikian walaupun ada RUU yang carry over diharapkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

“Kita paham RUU yang masuk Prolegnas tidak dapat serentak diselesaikan dalam akhir periode ini, meskipun demikian kami sepakat akan menyeleksi RUU Prolegnas mana yang kami dahului untuk diselesaikan,” tuturnya.

Dengan berganti pucuk pimpinan, susunan pimpinan Baleg DPR RI terbaru, yakni ketua dijabat oleh Wihadi Wiyanto (Fraksi Partai Gerindra) dan wakil ketua dijabat oleh Ichsan Soelistio (Fraksi PDI-Perjuangan), Willy Aditya (Fraksi Partai NasDem), Abdul Wahid (Fraksi PKB), dan Achmad Baidowi (Fraksi PPP). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA