Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan MPR Minta Rasio Kebutuhan Guru Dihitung Lebih Dulu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 19 Juli 2024, 13:15 WIB
Pimpinan MPR Minta Rasio Kebutuhan Guru Dihitung Lebih Dulu
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/RMOL
rmol news logo Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, menyayangkan pemecatan ratusan guru honorer secara sepihak dan mendadak tanpa ada keterangan resmi dari Dinas Pendidikan.

Menurut anggota Komisi X DPR itu, Dinas Pendidikan Jakarta perlu menghitung lebih dulu kebutuhan akan guru, sebelum melakukan pemecatan.

"Pemecatan guru honorer seharusnya tidak boleh dilakukan sepihak, dihitung dulu kebutuhan guru berdasarkan jumlah sekolah, jumlah murid dan jumlah rombongan belajar," kata Lestari Moerdijat, kepada Kantor Berita Politik RMOL, di Jakarta, Jumat (19/7).

Dikatakan juga, jumlah guru di Indonesia terlalu banyak, sehingga terjadi distribusi yang tidak sesuai kebutuhan, hingga terjadi pemecatan.

"Jika hanya dilihat dari rasio siswa dan guru, Indonesia ini memang oversupply guru, dan rasionya sebetulnya sangat ideal, 1:18. Satu orang guru bertanggungjawab terhadap 18 siswa. Bandingkan dengan Filipina, 1 berbanding 90 siswa," katanya.

"Tetapi, karena zonasi sekolah kita tersebar luas di seluruh pulau, satu-satunya cara mengatasi problem itu adalah distribusi yang sehat dan berkeadilan," katanya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA