Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bos Garuda Dukung Rencana Luhut Bikin Avtur dari Jelantah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 20 Juni 2024, 16:58 WIB
Bos Garuda Dukung Rencana Luhut Bikin Avtur dari Jelantah
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra/RMOL
rmol news logo Rencana Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyulap minyak jelantah menjadi bahan bakar pesawat (avtur) mendapat dukungan dari Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra.

Dia menilai pengembangan industri sustainable aviation fuel (SAF) merupakan keniscayaan. Hal itu sejalan dengan komitmen keberlanjutan yang digaungkan dunia.

"Iya, kita support. Memang SAF itu harus," kata Irfan, usai menjadi narasumber forum diskusi Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) di Binakarna Auditorium, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (20/6).

Irfan lalu mendorong agar wacana itu cepat direalisasi. Dia mendukung pengembangan avtur rendah emisi atau ramah lingkungan.

"Tinggal dicampur apa? Yang kemarin kita tes dicampur sawit ya. Ini ada beberapa teknologi yang lain, beberapa pendekatan yang lain," katanya.

Luhut menargetkan dasar hukum mengenai pengembangan industri SAF bisa diluncurkan pada September 2024. Di sisi lain, Indonesia memiliki potensi pasokan 1 juta liter minyak jelantah setiap tahun, dan 95 persennya diekspor ke beberapa negara.

Data International Air Transport Association (IATA) memproyeksikan Indonesia menjadi pasar aviasi terbesar keempat di dunia dalam beberapa dekade ke depan, dengan asumsi kebutuhan bahan bakar mencapai 7.500 ton liter hingga 2030.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA