Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Airlangga, Mendag AS Dukung Penguatan Kinerja Perekonomian Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 05 Juni 2024, 19:57 WIB
Bertemu Airlangga, Mendag AS Dukung Penguatan Kinerja Perekonomian Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo/Ist
rmol news logo Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melanjutkan agenda di Singapura dengan bertemu Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo di Fullerton Hotel, Rabu (5/6).

Selain membahas tindak lanjut Pilar II dalam Indo-Pacific Economic Framework (IPEF), dalam pertemuan tersebut juga diangkat sejumlah isu bilateral antara Indonesia dan AS.

Dalam diskusi di sela Pertemuan Tingkat Menteri IPEF itu, Airlangga juga menyampaikan terima kasih kepada AS atas dukungan terhadap aksesi Indonesia untuk menjadi anggota OECD.

Penguatan kerja sama kedua negara yang saat ini telah terbentuk dalam Comprehensive Strategic Partnership RI-AS juga turut dibahas dalam pertemuan tersebut.

”Indonesia telah mempunyai Kawasan Ekonomi Khusus terkait data center di Batam dan di-support oleh grid energi terbarukan. Jadi, kami juga harapkan AS turut mendukung pembangunan data center dan jaringan kabel serat optik yang sedang berlangsung di Indonesia saat ini,” ujar Menko Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini juga menyampaikan berbagai peluang terkait investasi energi baru dan terbarukan di Indonesia, termasuk carbon capture and storage, solar panel, dan geothermal.

”Indonesia sangat terbuka bagi perusahaan AS di bidang energi untuk beroperasi di Indonesia. Kami akan mengusulkan 19 proyek infrastruktur yang berfokus pada sektor energi, dan kami menantikan investasi dari Amerika Serikat,” kata Airlangga.

Menyambut Airlangga, Gina menyampaikan dukungannya dan akan dilakukan melalui skema IPEF. Menurutnya, banyak perusahaan yang ingin mengembangkan data center di Indonesia. Hal ini perlu didukung dengan kemudahan perizinan berusaha.

Menutup pertemuan tersebut, Menko Airlangga mengajak Pemerintah AS melanjutkan tekad dan komitmen melalui kerja sama komprehensif di kawasan IndoPasifik dan meningkatkan resiliensi perekonomian di kawasan.

Sejumlah pejabat turut mendampingi Airlangga dalam lawatan tersebut, di antaranya Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo; Sekretaris Kemenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso; Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Haryo Limanseto; dan beberapa lainnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA