Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selama Jokowi Masih Intervensi, PDIP Sulit Gabung Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 31 Maret 2024, 15:10 WIB
Selama Jokowi Masih Intervensi, PDIP Sulit Gabung Prabowo
Prabowo Subianto dan Joko Widodo/Ist
rmol news logo PDI Perjuangan harus mempertimbangkan dengan cermat manfaat dan risiko bergabung dengan pemerintahan baru yang dipimpin Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Meski sebelumnya PDIP telah menjadi bagian dari pemerintahan, namun pada pemilihan kali ini dinamika politik telah menghasilkan konfigurasi berbeda.

Menurut Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, sulit bagi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, menerima rekonsiliasi Prabowo, selagi Joko Widodo (Jokowi) masih intervensi Prabowo-Gibran.

"Sulit bagi Megawati dan PDIP menerima manuver Prabowo dan Jokowi pada Pilpres 2024," kata Andi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (31/3).

"Sepertinya Megawati dan PDIP akan memposisikan diri sebagai oposisi, sama ketika masa pemerintahan SBY dulu," sambung analis politik Universitas Nasional itu.

Meski terdapat perbedaan cara pandang, politik seringkali tentang bagaimana mencapai kesepakatan dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Karena itu, wajar bagi PDIP untuk mempertimbangkan opsi tersebut dengan cermat, terutama menghadapi politik yang terus berubah di Indonesia.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA