Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maksimalkan Potensi Laut, Heru Budi Bakal Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 25 Maret 2024, 13:58 WIB
Maksimalkan Potensi Laut, Heru Budi Bakal Bangun Food Estate di Kepulauan Seribu
Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono/Ist
rmol news logo Kebijakan ketahanan pangan melalui konsep Food Estate yang digagas Presiden Joko Widodo, dan bakal dilanjutkan Calon Presiden Prabowo Subianto, turut menjadi perhatian Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Heru berkeinginan membangun Food Estate di Kepulauan Seribu pada 2025. Dia beralasan, pembangunan lumbung pangan di Jakarta tidak mungkin dilakukan di wilayah daratan, sehingga perlu memaksimalkan potensi laut.

“Di DKI daratan tidak mungkin jika suatu saat (dibangun Food Estate). Ini bagian daripada DKI Jakarta, luas lautan kita cukup banyak,” kata Heru di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3).

Untuk mewujudkan rencananya tersebut, Heru akan menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hingga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Menurutnya, terdapat hasil laut dari Kepulauan Seribu yang dapat diandalkan sebagai basis lumbung pangan. Seperti rumput laut hingga beragam jenis ikan.

“Ada rumput laut, ikan kerapu, ikan napoleon. Ini pendapatan asli daerah DKI masa depan,” tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA