Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usulan PSI soal Jokowi Ketua Koalisi Bakal Ganggu Kepentingan Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Rabu, 13 Maret 2024, 10:48 WIB
Usulan PSI soal Jokowi Ketua Koalisi Bakal Ganggu Kepentingan Parpol
Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Usulan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) agar Presiden Joko Widodo menjadi ketua koalisi pemerintahan akan mengganggu kepentingan partai politik lain.

Selain itu, keberadaan Jokowi sebagai ketua koalisi juga bisa digunakan untuk pembagian permainan kekuasaan antar pimpinan partai politik serta elite lainnya.

"Ketika dia (usulan) mengarah ke game of power pembagian permainan kekuasaan, ini akan jadi kendala apalagi kepentingan parpol juga banyak, karena kita kan konsepnya presidensil," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (13/3).

Di sisi lain, bila benar terjadi Jokowi menjadi ketua koalisi pemerintahan tentu akan berdampak pada pelemahan sistem presidensil.

Hal ini terjadi karena kepentingan partai akan terpusat pada ketua koalisi bukan pada ketua umum partai dan terutama kepentingan rakyat.

"Jangan sampai kewenangan yang dimiliki, melemahkan sistem presidensil yang ada. Karena, dikendalikan oleh parpol koalisi," kata Arifki.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA