Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PKB Setengah Hati Gulirkan Angket Pemilu?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 08 Maret 2024, 14:15 WIB
PKB Setengah Hati Gulirkan Angket Pemilu?
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar/Net
rmol news logo Manuver Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam mengusulkan angket kecurangan Pemilu 2024 di parlemen dinilai setengah hati.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin memprediksi, PKB tidak akan solid soal hak angket. Sebab hingga saat ini, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar belum memberi arahan khusus.

"PKB mendorong tapi di tengah jalan dia akan membelok tidak akan solid, karena PKB cenderung banyak ditekan pemerintah. Elite-elite PKB akan dicari-cari persoalan hukumnya, tindak pidananya (jika menyetujui angket)," ujar Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/3).

Ia mencontohkan apa yang dialami Ganjar Pranowo ketika menyuarakan hak angket. Saat ini, calon presiden nomor urut 3 itu terseret dugaan kasus gratifikasi yang dilaporkan Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso ke KPK.

Oleh karena itu, dia menilai PKB tidak akan solid dalam menggulirkan hak angket, termasuk posisinya di koalisi perubahan.

"Contohnya Ganjar, kan dilaporkan ke KPK karena dianggap kencang melakukan hak angket. Oleh karena itu, saya melihat PKB itu pasti di tengah jalan akan gembos," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA