Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zulhas Ajak Masyarakat Beralih ke Beras SPHP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 19 Februari 2024, 19:00 WIB
Zulhas Ajak Masyarakat Beralih ke Beras SPHP
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat meninjau stok dan harga beras di retail modern di Jakarta/Ist
rmol news logo Merespon keluhan masyarakat terkait harga mahal dan stok beras premium, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas meminta masyarakat beralih membeli beras yang digelontorkan lewat program Stabilisasi Harga dan Pasokan Pangan (SPHP).

Pernyataan itu disampaikan Zulhas saat meninjau harga beras di Transmart Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dan Transmart Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Senin (19/2).

"Saya berharap masyarakat beralih ke SPHP, karena premium harganya lagi naik dan tidak sesuai yang diperlukan" kata Zulhas kepada wartawan.

Dia juga mengatakan, saat ini stok beras premium belum tercukupi, karena para petani terlambat panen akibat el-Nino. Sebab itu masyarakat diminta beralih ke SPHP yang stoknya juga dipasok Bulog.

Bahkan, sambung dia, retail modern juga ada yang tidak mengambil beras premium, karena harga mengalami peningkatan. Padahal harga eceran tertinggi (HET) hanya di angka Rp69.500 per 5 kilogram.

"Suplai beras premium agak melambat. Karena suplainya lambat, harganya naik, sedangkan HET kita kan nggak berubah," jelas Zulhas.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga memaparkan solusinya, yakni membeli beras SPHP yang diyakini cukup stok.

"Stok beras SPHP cukup, ada 1,3 juta ton di Bulog, jadi aman, nggak ada masalah," pungkas Zulhas.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA