Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Setuju Pembahasan RUU Desa Disegerakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 05 Februari 2024, 20:09 WIB
Pemerintah Setuju Pembahasan RUU Desa Disegerakan
Mendagri Tito Karnavian/Rep
rmol news logo Pemerintah setuju RUU Desa segera dibahas di parlemen, untuk menyempurnakan beberapa ketentuan dalam UU Desa yang berlaku.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menuturkan, pemerintah setuju dilakukan pembahasan segera.

“Kami atas nama pemerintah prinsipnya setuju melakukan pembahasan lebih lanjut atas usulan inisiatif RUU perubahan kedua UU Desa,” kata Tito, saat rapat dengan Badan Legislasi DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin sore (5/2).

Dia juga mengatakan, pembahasan RUU Desa perlu memperhatikan keselarasan ketentuan peraturan perundang-undang terkait undang-undang lainnya, agar tidak menabrak aturan.

“Supaya tidak overlapping, baik aspek formil maupun materil, atau substansinya. Terutama hal-hal krusial yang memang terjadi di lapangan dan dirasakan semua pihak, baik pemerintah maupun teman-teman di desa,” katanya.

Selain itu, lanjut Tito, pembahasan RUU Desa dinilai sebagai komitmen bersama DPR RI dan Pemerintah untuk mengakselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya kira itu prioritas penting, sejak implementasi UU Nomor 6/2014 tentang desa,” sambungnya.

Prinsip utama pemerintah adalah memperkuat desa lewat RUU Desa yang akan disahkan, agar desa mampu berkembang seperti perkotaan, dan untuk mencegah urbanisasi besar-besaran.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA