Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ramai Petisi Kampus Ternama, Pemerintah Tak Boleh Diam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 04 Februari 2024, 11:50 WIB
Ramai Petisi Kampus Ternama, Pemerintah Tak Boleh Diam
Presiden Joko Widodo/Ist
rmol news logo Pemerintah diminta tidak diam atas munculnya petisi civitas akademika dari sejumlah kampus ternama di Indonesia.

"Pemerintah harus serius merespons petisi yang disampaikan para akademisi dari berbagai kampus," kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (4/2).

Menurutnya, pemerintah harus segera tanggap dengan para civitas akademika tersebut, lantaran isi dari petisi itu tidak main-main.

"Apalagi petisi itu salah satunya terkait dengan pelaksanaan konstitusi. Petisi ini mengingatkan Presiden Joko Widodo agar taat melaksanakan konstitusi," kata Jamiluddin.

"Sebab, pelanggaran konstitusi akan membahayakan Jokowi sebagai presiden," imbuhnya.

Jamiluddin mengatakan, petisi itu juga berkaitan dengan masalah keadilan dan demokrasi. Dua hal ini juga masalah penting yang tak boleh diabaikan presiden.

"Masalah keadilan dan demokrasi juga menjadi semangat reformasi yang harus diwujudkan Jokowi. Kalau akademisi mengingatkan hal itu, berarti memang ada masalah serius yang harus segera diatasi Jokowi," tutup Jamiluddin.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA