Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Ketua MUI Ajak Semua Pihak Buka Ruang Tabayun Terkait Candaan Zulhas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Sabtu, 23 Desember 2023, 02:43 WIB
Wakil Ketua MUI Ajak Semua Pihak Buka Ruang Tabayun Terkait Candaan Zulhas
Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud/Istimewa
rmol news logo Semua pihak diimbau untuk membuka ruang tabayun terkait polemik yang muncul dari candaan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas soal pelafalan Amin dalam sholat.

Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Marsudi Syuhud mengatakan, candaan itu kemudian menimbulkan reaksi di tengah masyarakat. Itu sebabnya Kiai Marsudi pun mendorong semua pihak untuk membuka ruang klarifikasi.

"Kita harus bisa mengedepankan sikap tasamuh (saling menghargai dan menghormati), membuka ruangan untuk saling tabayun, klarifikasi, dan saling memaafkan," ucap Kiai Marsudi di Jakarta, Jumat (22/12).

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk bijak menanggapi peristiwa ini dan tidak mudah terpecah belah.

"Yang membuat orang salah paham itu biasanya karena adanya persaingan, khususnya di Indonesia yang sedang menghadapi pemilu," imbuh Kiai Marsudi.

Untuk menghadapi persaingan, dia mengajak semua pihak untuk memberikan kabar gembira, dan tidak mengangkat informasi yang bisa jadi gergeran (keributan).

Guna menghindari dampak negatif yang lebih luas, Kiai Marsudi meminta semua pihak untuk menahan diri dan tidak saling lapor.

"Dalam konteks mengedepankan sikap tasamuh, tabayun, dan saling memaafkan, menurut saya tidak perlu lapor-lapor. Kenapa? Sebab yang menjadikan hal ini gergeran (candaan) ya tokoh-tokoh kita semua," tandas Kiai Marsudi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA