Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hormati Putusan MK, Anies Kedepankan Ilmu Pengetahuan soal Ganja Medis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 22 Desember 2023, 19:38 WIB
Hormati Putusan MK, Anies Kedepankan Ilmu Pengetahuan soal Ganja Medis
Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, tampil di acara Desak Anies, di Hotel Aryaduta, Jakarta/Ist
rmol news logo Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan, mengedepankan pendekatan berfokus pada ilmu pengetahuan terkait penggunaan ganja untuk keperluan medis.

Pernyataan itu disampaikan Anies, menjawab pertanyaan panelis Total Politik X Desak Anies, di Hotel Aryaduta, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

Menurut Capres yang diusung Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Kebangkitan Bangsa itu, ganja medis bisa saja dijadikan obat jika hal itu berdasarkan rujukan dan persetujuan dari para ilmuwan kedokteran.

"Kalau saya pribadi, saya akan merujuk pada ahli di bidang medicine, kalau mereka mengatakan tidak ada obat lain untuk menyelamatkan, maka satu-satunya yang bisa dilakukan adalah unsur darurat," kata dia.

Di sisi lain, Anies menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak uji materi penggunaan ganja medis yang diputuskan Juli tahun lalu.

"Sikap politiknya menghormati putusan pengadilan, itu nomor satu, karena ketika negara tidak menghormati putusan pengadilan, siapa lagi yang mau menghormati," tegasnya.

Kontroversi seputar ganja medis melibatkan perspektif kesehatan, hukum, dan etika. Beberapa pihak mendukung penggunaan ganja medis, karena manfaatnya mengatasi kondisi medis, sementara yang lain khawatir efek samping dan potensi penyalahgunaan.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA