Dalam laporan ini, Social Media Insight Annalise Big Data (ABD), menemukan ratusan ribu postingan, cuitan, dan komentar yang muncul selama debat capres didominasi buzzer.
"Hal ini terlihat dari hastag dengan engagement tertinggi digunakan dalam mention para capres," jelas Executive Vice President Annalisee Big Data, Dirgahayu Maha Restu, Jakarta, Rabu (13/12).
Buzzer menggunakan berbagai strategi untuk mempengaruhi percakapan dengan membagikan konten yang mendukung kandidat tertentu atau menyerang calon lain.
Dalam pantauan sistem, hastag yang paling banyak muncul dari 172.225 cuitan untuk Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan adalah
#AMINUnggulDebatCapres dan
#AMINTerbaiknomor1.Sedangkan, Capres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto paling banyak hastag yang muncul dari 153.511 cuitan adalah #MenangSeputaran, #KodeKita08Gemoy dan #BersamaIndonesiaMaju.
Sementara, Capres nomor urut 3, hastag yang paling banyak muncul dari 99.180 cuitan adalah #Ganjarsikatkorupsi,
#LanjutGANsemuamurah, dan
#LanjutGANsemuakerja.
"Tren emosi netizen terhadap ketiga capres saat debat didominasi kata kunci percaya, kepercayaan, keyakinan, setia, konsisten, jujur, transparan, akuntabel, adil dan berkomitmen," tandas Dirga.
BERITA TERKAIT: