Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Debat Perdana Capres Dimulai Jam 7 Malam, Begini Alur Kegiatannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 11 Desember 2023, 18:03 WIB
Debat Perdana Capres Dimulai Jam 7 Malam, Begini Alur Kegiatannya
Jumpa pers pimpinan KPU RI terkait persiapan debat capres-cawapres di Media Center Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12)/RMOL
rmol news logo Debat pertama calon presiden (capres) 2024 siap digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di halaman parkir Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam besok (12/12).

"Debat pertama akan dimulai jam 19.00 WIB," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asyari, dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Dia menjelaskan, alur kegiatan debat perdana capres yang akan berlangsung 120 menit terbagi ke dalam 6 segmen.

Pada pokoknya, Anggota KPU RI dua periode itu mengatakan, 6 segmen tersebut didesain untuk memaksimalkan tujuan debat. Yaitu, mengetahui gagasan tiga capres dalam mengelola pemerintahan ke depan.

"Pada awal segmen, (capres) menyampaikan visi misi dulu. Baru setelah itu pendalaman dengan mengambil pertanyaan," jelasnya.

Hasyim menuturkan, pertanyaan yang dibuat panelis debat sebanyak 18 pertanyaan. Nantinya, pertanyaan-pertanyaan itu akan dibagi secara acak kepada capres-cawapres sebanyak 3 pertanyaan per segmen.

Dalam segmen pertanyaan tersebut, para capres bisa saling bertanya atau menyampaikan pendapatnya, dan berlangsung selama beberapa segmen.

"(Itu ada di) segmen kedua, ketiga, keempat, kelima. Modelnya interaksi dari pernyataan yang disediakan panelis," demikian Hasyim menambahkan.

Pada debat perdana besok, tiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, akan beradu gagasan terkait tema yang ditentukan KPU.

Tema debat pertama yang akan diangkat adalah "Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga". rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA