Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seniman dan Aktivis akan Gelar Panggung Rakyat di Gelora Bung Karno

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Kamis, 07 Desember 2023, 21:10 WIB
Seniman dan Aktivis akan Gelar Panggung Rakyat di Gelora Bung Karno
Konferensi pers Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12)/Ist
rmol news logo Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) dan elemen masyarakat akan menggelar acara akbar bertajuk Panggung Rakyat: Bongkar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, pada Sabtu lusa (9/12). Acara ini untuk memperingati Hari Anti Korupsi dan Hari Hak Asasi Manusia (HAM).

Ekonom Faisal Basri menjelaskan, Pangung Rakyat: Bongkar merupakan kesadaran kolektif antara seniman dan aktivis untuk menyuarakan permasalahan bangsa yang tengah dihadapi, terutama masalah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Kami peduli tentang korupsi, kolusi, dan nepotisme. Kami peduli tentang hak asasi manusia, saatnya kami membangun kesadaran kolektif tersebut," kata Faisal dalam konferensi pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12).

Faisal merupakan salah satu tokoh yang akan bergabung langsung dan melakukan orasi. Ia berharap agar penyampaian pendapat dalam Panggung Rakyat tersebut bisa menyapu bersih rayap-rayap yang menganggu Indonesia.

"Ini adalah sebuah gerakan kebudayaan. Melalui orasi dan konser musik kita akan serbu agar rayap-rayap itu, segala sesuatu yang menggangu bangsa bisa kita enyahkan," kata Faisal.

Ia meyakini pendekatan kebudayaan mampu menginisiasi sebuah perubahan besar untuk mengatasi masalah di Indonesia. Apalagi beberapa aksi akbar yang pernah digelar selalu melakukan pendekatan terhadap kebudayaan.

Sejumlah nama yang akan menyampaikan orasi kebangsaan, antara lain Usman Hamid, Faisal Basri, Ikrar Nusa Bhakti, Zoemrotin K. Soesilo, Danang Widoyoko, M. Roni Syamsuri, Abdullah Riansyah, Arya Dewi Prayetno, Ahmad Tomi Wijaya, Ririn Sefsani, Horja Bius, Fajar Merah, Muhammad Suhud, Bivitri, Lilik dan sejumlah nama lainnya yang berasal dari berbagai elemen masyarakat.

Khusus untuk Konser Musik, Panggung Rakyat ‘Bongkar’, akan menampilkan musisi dengan reputasi karya lagu kritikal. Seperti lagu ‘Bongkar’, yang dipopulerkan oleh grup band Swami (Sawung Jabo, Iwan Fals, Jockie Suryoprayogo, Totok Tewel, Naniel, Inisisri, Nanoe). Diksi ‘Bongkar’ pun dipilih sebagai tema sentral dari Panggung Rakyat tersebut.
 
Musisi yang akan tampil mengisi Panggung Rakyat ‘Bongkar’ tersebut, antara lain; Kotak, Anto Baret feat Andi Malewa, Endank Soekamti, Tony Q. Rastafara, Jamrud, Dead Squad, Pas Band, Iwa K., Young Lex & Friends, serta musisi lainnya.

Untuk kelancaran transportasi pihak berwewenang, menganjurkan untuk tidak membawa kendaraan pribadi, melainkan menggunakan kendaraan umum atau ojek online. rmol news logo article



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA