Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rektor Paramadina Kenang Faisal Basri Politisi Idealis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 05 September 2024, 09:31 WIB
Rektor Paramadina Kenang Faisal Basri Politisi Idealis
Rektor Universitas Paramadina Didik J Rachbini/RMOL
rmol news logo Ekonom senior Faisal Basri meninggal dunia akibat penyakit jantung yang dideritanya di RS Mayapada, Jakarta Selatan, pada Kamis dini hari (5/9).

Rektor Universitas Paramadina Profesor Didik J Rachbini mengatakan, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) kehilangan tokoh dan ekonom yang memiliki integritas tinggi terhadap sejumlah permasalahan ekonomi dan politik di Indonesia.

"Kita kehilangan Faisal Basri, ekonom pendiri Indef sudah dikenal luas, sosok yang idealis dan sangat berintegritas," kata Profesor Didik J Rachbini dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kantor Berita Politik dan Ekonomi RMOL, Kamis (5/9). 

Didik mengaku terkenang kebersamaannya dengan Faisal Basri 7 tahun lalu dalam forum terbatas pimpinan redaksi, dan berdiskusi dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tentang keberadaan oposisi dipastikan nihil di pemerintahan mendatang.

"Muhaimin menyebut hanya Faisal Basri yang berdiri dan bersuara lantang mengkritisi pemerintahan Jokowi yang mulai menjadi otoriter. Jokowi mulai menampilkan sosok tiran tetapi tersembunyi dengan sempurna," kata Didik.

Di mata Didik, Faisal Basri adalah sosok tegas dan berani dalam memperjuangkan nilai-nilai demokrasi, transparansi, akuntabilitas, dan keadilan dalam ekonomi dan politik Indonesia. 

"Meskipun tidak menduduki jabatan formal di partai atau pemerintahan, namun kiprahnya baik sebagai akademisi maupun aktivis ekonomi politik telah memberikan dampak besar dalam mendorong reformasi dan perbaikan kebijakan dan demokrasi secara luas di Indonesia," demikian Didik.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA