Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Netralitas Kunci Wujudkan Pemilu 2024 Berjalan Demokratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 29 November 2023, 13:56 WIB
Netralitas Kunci Wujudkan Pemilu 2024 Berjalan Demokratis
Ilustrasi Pemilu 2024/RMOL
rmol news logo Netralitas menjadi kunci mutlak dalam mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 berlangsung demokratis.

Co Captain Timnas Anies-Muhaimin, Al Muzzammil Yusuf berujar, netralitas akan menentukan sejauh mana proses pemilihan berjalan adil dan bebas dari intervensi pihak-pihak tertentu.

"Netralitas Pemilu harus menjadi gerakan bersama. Gerakan ini sudah dimulai dari DKPP, Bawaslu, gerakan parlemen, dan gerakan masyarakat,” kata Al Muzammil dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/11).

Menurutnya, semua pihak harus memastikan Pemilu berlangsung tanpa intimidasi atau tekanan dari pihak mana pun. Termasuk partai politik, calon legislatif, calon presiden dan calon wakil presiden diberi kesempatan yang sama untuk bersaing dan menyampaikan visi-misinya.

Sementara itu, peneliti Formappi, Lucius Karus menyoroti kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang dinilai belum menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

Menurutnya, Bawaslu perlu bertindak lebih tegas terhadap dugaan-dugaan pelanggaran di masa kampanye Pemilu yang sudah dimulai dan akan berakhir pada 10 Februari 2024 nanti.

"Bawaslu terlalu lembek dalam proses tahapan Pemilu saat ini. Ia tidak berlaku sebagai pengawas, melainkan hanya berlaku sebagai pengamat,” kritik Lucius Karus dalam diskusi bertema 'Kualitas Demokrasi dan Kepemimpinan Indonesia Akan Diuji Melalui Netralitas Pemilu 2024', Selasa kemarin (28/11).
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA