Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Korban di Gaza Makin Banyak, Menlu RI Dorong Wujudkan Two-State Solution

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 27 November 2023, 15:56 WIB
Cegah Korban di Gaza Makin Banyak, Menlu RI Dorong Wujudkan <i>Two-State Solution</i>
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat memberi laporan ke Komisi I DPR RI soal kondisi terkini di Gaza, Palestina, Senin (27/11)/RMOL
rmol news logo Agar tidak semakin banyak warga Palestina yang menjadi korban di Gaza, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, terus mendorong terwujudnya two-state solution.

"Kita perlu mencegah jatuh korban jiwa lebih banyak, dan menggunakan momentum ini sebagai push factor, untuk mendorong peace process, guna mewujudkan two-state solution, serta perdamaian yang langgeng di Palestina, sesuai parameter internasional yang telah disepakati," tegas Menlu Retno dalam rapat dengan Komisi I DPR RI membahas soal kondisi dan situasi terkini di Gaza, Palestina, di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (27/11).

Selain itu, lanjut Retno, Indonesia akan mengawal ketat kemerdekaan Palestina, dan meminta pertanggungjawaban Israel atas korban jiwa serta kerusakan infrastruktur di Palestina.

"Kita juga perlu terus mengawal terwujudnya keadilan, dan akuntabilitas termasuk pertanggungjawaban Israel atas pelanggaran hukum internasional, serta reparasi yang setimpal, dan dukungan internasional untuk membantu Palestina pulih, dan membangun kembali infrastrukturnya," paparnya.

Menlu dua periode ini menambahkan, Palestina adalah satu-satunya negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) 1955 yang hingga kini belum merdeka, sehingga Indonesia mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina.

"Sekali lagi, Indonesia akan terus berupaya untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina, sesuai amanat konstitusi bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA