Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika Budi Gunawan Diganti akan Diikuti Perombakan Besar-besaran Kabinda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 10 November 2023, 12:55 WIB
Jika Budi Gunawan Diganti akan Diikuti Perombakan Besar-besaran Kabinda
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan/Net
rmol news logo Tiga bulan menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, rumor pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan masih makin berhembus kencang.

Sejumlah nama diproyeksikan mengganti posisi Budi Gunawan, di antaranya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang sebentar lagi pensiun dan  mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Aburachman.

Pengamat Militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi menilai, bila Budi Gunawan benar-benar diganti oleh Presiden Joko Widodo, maka pimpinan BIN di daerah-daerah berpeluang besar ikutan dirombak.

"Sangat besar kemungkinan terjadi perombakan, baik di level pimpinan tinggi madya dan pratama (eselon 1 dan 2), maupun pada jajaran penyelenggara/pengendali kegiatan intelijen, baik untuk kepentingan taktis maupun strategis," kata Khairul kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (10/11).

Menurut Khairul, persoalan pengamanan wilayah jelang Pemilu 2024 tentunya akan menjadi fokus BIN.

Itu sebabnya, Khairul tak menampik bila posisi Kabinda akan diisi oleh orang kepercayaan kepala BIN yang baru, bila benar-bebar diganti.

"Jika pergantian dilakukan dalam waktu dekat, dengan memperhatikan misi yang diemban BIN terutama terkait keamanan penyelenggaraan Pemilu 2024, maka menurut saya prioritas evaluasi akan menyangkut para pimpinan BIN di daerah (Kabinda) dan jajaran pengendali operasi/kegiatan intelijen di tingkat pusat terutama yang berkaitan dengan fungsi penyelidikan, pengamanan dan penggalangan," pungkas Khariul.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA