Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Tak Pandai Kelola SDA yang Melimpah, Prabowo: Karena Enggak Setia kepada UUD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 08 November 2023, 15:05 WIB
Indonesia Tak Pandai Kelola SDA yang Melimpah, Prabowo: Karena Enggak Setia kepada UUD
Bakal capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto/Ist
rmol news logo Tak bisa dipungkiri, sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Indonesia sangatlah melimpah. Bahkan kekayaan SDA tersebut memiliki cadangan yang terbesar di dunia.

Namun bakal capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, menilai sejauh ini bangsa Indonesia kurang pandai untuk menjaga dan mengelola kekayaan SDA tersebut.

Hal ini diungkap Prabowo saat menghadiri acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia yang digelar Indef di Menara Bank Mega, Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

"Kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia, terjadi net out flow, mengalir keluarnya kekayaan nasional, masalah ini adalah masalah sistemik, karena kita enggak setia kepada UU Dasar sendiri, kepada blueprint rancang bangun yang dibuat pendiri bangsa," tutur Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra ini lantas membeberkan, Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar dunia, begitu pula dengan tembaga. Bahkan potensi Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang dimiliki Indonesia mencapai 437 Giga Watt.

"Selain itu ada potensi produksi ikan tangkap lestari tiap tahun 12 juta ton. Potensi budidaya laut 50 juta ton per tahun. Ini adalah modal yang harus kita gunakan," jelasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA