Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dampingi Jokowi Bertemu Xi Jinping, Zulhas: Dua Negara Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 18 Oktober 2023, 16:58 WIB
Dampingi Jokowi Bertemu Xi Jinping, Zulhas: Dua Negara Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Perdagangan
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bersalaman dengan Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping saat mendampingi Presiden Joko WIdodo di Balai Agung Rakyat di Beijing/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo bertemu Presiden Republik Rakyat China (RRC) Xi Jinping di Balai Agung Rakyat di Beijing, pada Selasa (17/10).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan tersebut, menceritakan, kedua negara menyepakati peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi.

"Ada penandatanganan sepuluh kerja sama investasi di berbagai bidang antara lain pertahanan, mobil listrik, ketahanan energi, dan kerja sama pembangunan desa serta pengentasan kemiskinan," ujar Zulhas, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi mengangkat empat hal pada pertemuan dengan Presiden Xi Jinping. Pertama, mengenai upaya peningkatan kerja sama investasi, terutama untuk baterai kendaraan listrik dan otomotif, pabrik suku cadang, kilang petrokimia, produksi baja, serta pengembangan kerja sama Halal Center.

Lanjutnya, Presiden Jokowi juga mendorong tindak lanjut kerja sama pengembangan koridor ekonomi "Two Countries, Twin Parks".

Terkait perdagangan dan keuangan, masih kata Zulhas, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap perdagangan bilateral yang terus tumbuh dan seimbang, serta mengharapkan dukungan RRC untuk ekspor produk-produk unggulan Indonesia seperti sarang burung walet, produk perikanan, pertanian, dan buah-buahan tropis.

Untuk kerja sama keuangan, Presiden Jokowi menyampaikan dukungannya terhadap rencana pembentukan local currency transaction melalui QR cross border untuk memfasilitasi ekspor-impor dan investasi.

Zulhas juga menyampaikan, kunjungan kerja Presiden ke Tiongkok kali ini berhasil meningkatkan kerja sama kedua negara. Salah satunya terkait besarnya potensi transaksi pada acara Forum Bisnis Indonesia-China yang dilaksanakan pada Senin (16/10).

"Termasuk pada Forum Bisnis yang menghasilkan potensi perdagangan hampir 13 miliar dolar AS yang ditandatangani pelaku usaha kedua negara," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA