Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kuasai Jabar, Ridwan Kamil Pantas Jadi Rebutan Ganjar dan Prabowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 14 September 2023, 14:54 WIB
Kuasai Jabar, Ridwan Kamil Pantas Jadi Rebutan Ganjar dan Prabowo
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dinilai tengah diperebutkan dua calon presiden/Ist
rmol news logo Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), sepertinya tengah menjadi rebutan dua bakal calon presiden, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Hal ini setidaknya terlihat dalam beberapa waktu belakangan RK menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

“Ridwan Kamil (RK) menjadi rebutan untuk mendampingi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto pada Pilpres 2024,” kata pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, dalam keterangannya, Kamis (14/9).

Menurut Jamiluddin, wajar jika pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjadi rebutan oleh Ganjar dan Prabowo.

“Pertama, elektabilitas RK relatif tinggi untuk cawapres. RK kerap unggul dibandingkan dengan Sandiaga Uno dan Erick Thohir,” terang Jamiluddin.

Sehingga Kang Emil dinilai bisa membantu mendongkrak elektabilitas Ganjar atau Prabowo. Karena itulah wajar dia diperebutkan untuk mendampingi Ganjar atau Prabowo.

Kemudian, Kang Emil juga menguasai Jawa Barat yang DPT-nya paling banyak di Indonesia. Artinya, capres yang didampingi mantan Walikota Bandung itu berpeluang besar untuk memperoleh suara mayoritas di Jawa Barat.

“Menang mayoritas di Jawa Barat tentu impian semua capres. Sebab, perolehan suara mayoritas di Jawa Barat dapat membuka peluang untuk menang secara nasional,” tuturnya.

Selain itu, imbh Jamiluddin, Kang Emil dinilai sebagai sosok yang disukai milenial, yang merupakan pemilih terbanyak pada Pilpres 2024. Karena itu, menjadikan Ridwan Kamil sebagai cawapres memberi peluang besar untuk menggaet suara kalangan milenial. Sekaligus membuka peluang memenangkan Pilpres 2024.

“Jadi, RK memang menjadi magnet, sehingga memaksa PDIP dan Gerindra untuk menggaetnya menjadi cawapres. RK diperebutkan dengan harapan untuk mengantarkan Ganjar atau Prabowo menjadi presiden RI ke-8,” demikian Jamiluddin. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA