Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seolah Restui Kader Labrak Rocky Gerung, PDIP Harus Sanksi Hasto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 11 September 2023, 11:12 WIB
Seolah Restui Kader Labrak Rocky Gerung, PDIP Harus Sanksi Hasto
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto/Ist
rmol news logo Tindakan persekusi terhadap pengamat politik Rocky Gerung yang dilakukan Caleg PDIP, Noviana Kurniati alias Novie Bule, mencoreng demokrasi.

Namun Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, seolah merestui tindakan anak buahnya dengan dalih bagian dari kebebasan berpendapat. PDIP merasa tak perlu memberikan klarifikasi, sebab yang dilakukan Novie merupakan tindakan pribadi.

Menurut Direktur Lembaga Riset Lanskap Politik Indonesia, Andi Yusran, Hasto mesti diberi sanksi karena seolah merestui perbuatan kekerasan yang dilakukan kader banteng.

"Hasto mesti diberi sanksi oleh PDIP karena apa yang disampaikan tentang dukungannya kepada kader untuk melabrak Rocky Gerung bisa ditafsirkan oleh publik sebagai bentuk kebijakan Partai," kata Andi saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin (11/9).

Andi Yusran meyakini yang disampaikan Hasto merupakan preferensi pribadi. Menurutnya, jika ada pihak yang merasa dirugikan atas pendapat Rocky Gerung seyogyanya diproses melalui jalur hukum dan bukannya dengan melabrak.

Analisis Politik Universitas Nasional itu melanjutkan, melabrak adalah tindakan fisik yang berkonotasi negatif dan bertentangan dengan prinsip demokrasi.

"Seharusnya Hasto mengarahkan kader untuk bersikap kritis dalam menyikapi sesuatu dan menggunakan jalur hukum jika ada yang dianggap melanggar norma hukum," tandas Andi Yusran.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA