Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saiful Anam: Gibran Sindir Petugas Partai yang Selalu Ngekor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 20 Agustus 2023, 11:51 WIB
Saiful Anam: Gibran Sindir Petugas Partai yang Selalu <i>Ngekor</i>
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka/Net
rmol news logo Seragam petugas parkir yang dikenakan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat pawai memperingati HUT ke-78 RI di Solo dianggap sebagai sebuah sindiran untuk Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo. Ini lantaran Ganjar merupakan petugas partai yang hanya bisa mengekor.

Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam menilai Gibran sedang memberikan pelajaran kepada seluruh kader PDIP, termasuk kepada Megawati Soekarnoputri, bahwa kebebasan berekspresi dan menentukan pilihan-pilihan politik merupakan fitrah kader. Hal ini tidak boleh dihalang-halangi oleh siapapun, termasuk oleh petinggi partai politik sekalipun.

"Gibran menunjukkan dia bukan petugas partai dan boleh berbeda pandangan dengan tempat parpolnya bernaung. Secara tidak langsung, ini juga berarti juga menyinggung Ganjar sebagai petugas partai yang selalu mengekor kepada partai," ujar Saiful kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (20/8).

Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini menilai, anak Presiden Joko Widodo itu lebih rasional dari Ganjar, Megawati, bahkan PDIP sendiri. Menurutnya, Gibran sedang mendambakan sekaligus memberikan pencerahan tentang modernisasi PDIP menyongsong perkembangan zaman.

“Bukan tidak mungkin Gibran akan kabur dan berpindah haluan ke partai yang lebih terbuka dan modern, sehingga petugas partai harus parkir dulu, Mungkin itulah yang sebenarnya ingin disampaikan Gibran melalui pakaian petugas parkir yang dikenakannya," pungkas Saiful.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA