Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Ini Bawaslu RI Lantik Pimpinan Terpilih di 514 Kabupaten/Kota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 19 Agustus 2023, 02:37 WIB
Hari Ini Bawaslu RI Lantik Pimpinan Terpilih di 514 Kabupaten/Kota
Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja/RMOL
rmol news logo Peserta seleksi pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di 514 kabupaten/kota akhirnya akan dilantik, setelah tertunda selama 5 hari sejak yang menjabat sebelumnya sudah habis masa.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menerangkan, sebanyak 1.900 pimpinan terpilih Bawaslu Kabupaten/Kota akan dilantik untuk mengemban tugas di masing wilayah.

"Kami harapkan besok (Sabtu, 19/8) akan dilantik," ujar Bagja saat ditemui di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (18/8).

Anggota Bawaslu RI dua periode itu mengatakan, pelantikan yang dilakukan itu juga untuk memastikan tahapan Pemilu 2024 bisa diawasi secara maksimal, mengingat tahapan yang semakin krusial ada di depan mata.

Sebagai contoh, Bagja menyebutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk pemilihan legislatif (Pileg)2024.

Dia memprediksi, setelah penetapan DCS tidak menutup kemungkinan akan banyak sengketa, akibat ada bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang keberatan dengan hasil verifikasi administrasi.

"Besoknya lagi mereka (pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota terpilih) sudah kembali pulang, karena kemungkinan akan ada sengketa pencalonan, khususnya pencalonan DPRD," tambah Bagja. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA