Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Jakarta Sentris, Menko PMK Dorong ARSSI Optimalkan Layanan RS di Seluruh Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 27 Juli 2023, 09:32 WIB
Jangan Jakarta Sentris, Menko PMK Dorong ARSSI Optimalkan Layanan RS di Seluruh Daerah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy/Ist
rmol news logo Pemerataan layanan kesehatan di seluruh Indonesia menjadi salah satu upaya mengurangi kesenjangan kesehatan di daerah. Untuk itu, Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) harus memiliki data dan persoalan riil yang dihadapi di daerah.

Hal ini diungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat membuka acara Seminar Nasional ke-X dan Healthcare Expo ke-VIII dengan tema “Kebijakan Transformasi Kesehatan sebagai Upaya Peningkatan Mutu Layanan Kesehatan di Indonesia”.

“ARSSI harus bisa masuk pada ranah-ranah itu. Jangan one side for all, jangan Jakarta Sentris, jangan Jawa Sentris. Harus memperhatikan segala wilayah,” kata Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (27/7).

Menurutnya, ARSSI sebagai entitas penting harus turut terlibat aktif dalam proses penyusunan undang-undang yang dilakukan oleh pemerintah.

Upaya itu perlu dilakukan mengingat ARSSI sebagai asosiasi yang menaungi rumah sakit di seluruh Indonesia memiliki data dan persoalan riil yang dihadapi di daerah.

Persoalan itu disinggung Muhadjir berdasar blusukannya di berbagai pelosok negeri. Dia mengaku masih menemui layanan kesehatan dan kondisi rumah sakit yang minim dengan tenaga medis serta fasilitasnya.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga mengajak para peserta yang hadir untuk kembali memaknai nilai-nilai profesionalisme tenaga medis sebagai penyemangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti nilai expertise, social responsibility, hingga corporateness.

“Nilai-nilai ini telah banyak menginspirasi dan menjadi contoh profesi lain, termasuk saya. Ini harus menjadi kebanggaan dan terus dijadikan pedoman bagi para tenaga medis,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA